Sukses

Kekerasan Terhadap Anak

10 Mar 2017, 14:24 WIB
Wanita, 14 tahun.

Dok, Saya ingin bertanya. Kekerasan anak itu singkatnya apa ya? Apa dampaknya besar bagi anak? Diantara semua jenis kekerasan anak, mana yang lebih berbaya, fisik atau psikis? Sekian, terima kasih dok.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda

Kekerasan terhadap anak ialah melakukan sesuatu yang dapat mencelakai anak atau membuat anak berisiko terluka, hal ini dapat dilakukan oleh orang dewasa maupun anak lainnya. Kekerasan pada anak dapat berupa kekerasan fisik, seksual maupun emosi. Menelantarkan anak juga merupakan salah satu bentuk kekerasan terhadap anak.

Dampak psikologis yang didapat pada anak yang mengalami kekerasan lebih besar dari dampak pada fisiknya. Anak yang mengalami kekerasan pada dirinya dapat mengalami depresi, anak bisa menarik diri dari lingkungannya dan berpikir untuk bunuh diri atau melakukan tindakan berbahaya. Pada anak yang lebih dewasa dapat menyebabkan anak ketergantungan obat-obatan terlarang atau alkohol, selain itu anak dapat berpikir untuk kabur dari rumah dan melakukan kekerasan pada orang lain.

Kekerasan pada anak merupakan hal yang sangat serius karena dapat berpengaruh kepada perkembangan anak dimasa depan. Oleh sebab itu, bila Anda menemukan atau mengetahui seseorang anak yang mendapatkan kekerasan baik dalam bentuk fisik, seksual maupun emosi segeralah cari bantuan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

salam

 

0 Komentar

Belum ada komentar