Sukses

Kutil Kulit Dekat Vagina

10 Mar 2017, 11:28 WIB
Wanita, 24 tahun.

Hi dok..sy mau tanya sy ada keluhan di Miss V saya..dlu sblm punya anak sy seperti ada tahi lalat di pinggir miss V ..tp pas anak sy lahir tahi lalat itu jd kaya kutil klo kumat itu sakit dok..sy malu banget sy hrus gmn yah ..trmksi dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Keluhan Anda mengenai kutil dekat vagina pasti sangat mengganggu Anda.

Kelainan kulit akan lebih baik jika didiagnosis melalui pemeriksaan langsung karena sulit bagi kami untuk menentukan diagnosis dengan informasi yang terbatas. Misal, diperlukan informasi seperti lokasi tepat, jenis lesi kulit, luasnya dan bentuknya, dll.

Kutil pada kelamin, yang dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah kondiloma akuminata, merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar.

Kutil kelamin dapat menimbulkan rasa gatal dan juga dapat menyebabkan keluhan keputihan.

Infeksi melalui kontak langsung dengan jari juga dapat terjadi namun diperlukan sumber infeksi (virus) tersebut yang biasanya didapatkan dari orang yang menderita penyakit ini. Seseorang yang terinfeksi virus ini juga dapat tidak menimbulkan gejala (berada dalam fase laten) sehingga meskipun tidak memberikan gejala kutil kelamin namun dapat menularkan virus ini pada pasangan seksualnya.

Hal-hal yang merupakan faktor risiko untuk meningkatkan kejadian adalah merokok, penggunaan kontrasepsi oral, hubungan seksual dengan partner multipel, dan hubungan seksual pada usia muda.

Apakah ini yang Anda maksudkan dengan keluhan Anda ataukah hanya benjolan biasa?

Sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik sehingga penyebab dari gejala Anda dapat diketahui dan diobati.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam sehat,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar