Sukses

Jamur Kulit di Leher

10 Mar 2017, 08:52 WIB
Pria, 27 tahun.

saya mau nanya ni dok,saya terkena jamur kulit di leher.. mangkin melebar sekarang,bagai mana solusinya ya dok,dan apa obat yang cocok,terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Apakah keluhan yang Anda rasakan? Apakah terdapat bercak merah di kulit disertai gatal? Apakah diagnosis jamur kulit didapatkan langsung dari dokter?

Gejala infeksi jamur adalah rasa gatal pada kulit, terutama jika panas, lembab, atau berkeringat. Pada dasarnya diagnoisis kelainan kulit harus dilihat. Sedangkan, untuk memastikan adanya infeksi jamur sebetulnya perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium sederhana menggunakan KOH dan mikroskop dari lesi kulit yang ada. 

Jamur tumbuh pada lingkungan yang lembab. Karena itu, untuk mencegah terjadinya infeksi jamur berulang, Anda perlu menghindari keadaan lembab pada daerah leher. Sering-seringlah mengeringkan daerah leher jika berkeringat, dapat dibantu dengan menggunakan bedak pada daerah tersebut. Selain itu, pakaian yang berkerah perlu direndam dulu menggunakan karbol (untuk yang berwarna) selama 1 – 2 jam dan pemutih (untuk warna putih) selama 15 – 30 menit. Hal ini dilakukan untuk mematikan jamur yang mungkin menempel pada baju, yang tidak dapat hilang dengan dicuci biasa. Hal ini tentunya berlaku pada handuk yang digunakan untuk mengelap daerah yang berjamur.

Untuk pengobatannya membutuhkan obat anti jamur dapat berupa salep atau obat minum. Namun, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin terlebih dahulu agar dilakukan pemeriksaan dan diberikan penanganan yang sesuai. Ditakutkan bila asal membeli obat yang dijual dipasaran keluhan Anda bukannya membaik namun bertambah parah.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. 

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar