Sukses

Memastikan Tanda-tanda Kehamilan

09 Mar 2017, 14:58 WIB
Pria, 25 tahun.

Assalamualaikum, selamat pagi dokter, saya mau tanya, istri saya sudah telat haid 4 hari dan kalau malam hari sering mual perut nya, apakah istri saya hamil, haid bulan lalu istri saya tanggal 30 januari 2017 dan sampai sekarang blum haid padahal siklus haid istri saya teratur, tapi tidak ada spotting seperti kebanyakan wanita, apakah istri saya hamil atau tidak yah dok?

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

Tanda tanda kehamilan pada seorang wanita mencakup terlambat menstruasi, payudara membesar, diikuti oleh gejala mudah capai, sering berkemih, mual-muntah, peka terhadap aroma, dan sebagainya. Mual dan muntah yang terjadi pada kehamilan diakibatkan karena perubahan hormonal yang umumnya terjadi di awal kehamilan (minggu ke 6-8, puncak pada minggu ke 12-14, dan membaik pada minggu ke-22) sampai badan wanita tersebut beradaptasi dengan peningkatan produksi hormonal.

Gejala mual muntah adalah gejala kehamilan yang tidak akurat sehingga diperlukan pemeriksaan tes kehamilan untuk memastikan apakah seseorang hamil.

Prinsip pemeriksaan tes kehamilan adalah mengukur kadar hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin) yang meningkat pada saat kehamilan. Ada 2 macam cara untuk mengukur hormon hCG tersebut yaitu melalui tes urin (test pack) dan tes darah.

Test Pack adalah suatu alat untuk mendeteksi kehamilan berdasarkan hormon B-HCG yang dihasilkan ketika seorang wanita hamil. B-HCG akan terdeteksi pada 8 hari setelah konsepsi (pembuahan sel telur oleh sel sperma) atau sekitar 1 minggu sebelum periode menstruasi berikutnya. Apakah Anda melakukan test pada waktu tersebut? Bila memang telah terjadi kehamilan, maka semakin lama dari waktu terlambat haid hasilnya akan semakin positif. Masih banyak kemungkinan lain penyebab mual dan muntah, dan paling baik adalah dengan wawancara lengkap dan pemeriksaan secara langsung. Untuk itu bila keluhan terus menerus berlangsung dan semakin mengganggu Anda, kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter secara langsung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar