Sukses

Apakah Makan Nanas dan Minum Soda Bisa Sebabkan Keguguran?

09 Mar 2017, 02:19 WIB
Wanita, 22 tahun.

Pagi dok, apakah dengan mengkonsumsi nanas dan sprite berlebihan bisa menyebabkan keguguran ??

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Banyak sekali miots-mitos yang beredar di masyarakat seputar kehamilan. Salah satunya ialah tentang konsumsi nanas saat hamil.

Banyak di temui Ibu hamil menghindari makan nanas, karena nanas diyakini mereka bisa menyebabkan keguguran, padahal nanas adalah sumber serat yang mengandung vitamin C, yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh, serta membantu melancarkan buang air besar.

Sedangkan untuk minuman bersoda, masih diperbolehkan pada saat hamil dalam jumlah yang tidak banyak tentunya.

Soda mengandung pewarna buatan dan zat pengawet. Lebih baik sedapat mungkin menghindari zat-zat pengawet dan pewarna saat kehamilan. karena konsumsi minuman bersoda dalam jumlah yang tidak normal dapat membahayakan kesehatan dan tidak memberikan manfaat kesehatan.

Nah, yang perlu diperhatikan ialah di dalam minuman bersoda seringkali mengandung kafein. Sebuah penelitian yang dipublikasikan bulan Maret tahun 2008 oleh American Journal of Obstetrics and Gynecology mengemukakan bahwa 200 mg kafein dalam sehari dapat meningkatkan risiko keguguran sampai 15%. Jumlah tersebut memang sangat banyak, karena kebanyakan minuman bersoda mengandung 30-50 mg kafein dalam satu kalengnya.

Hal ini terutama ditekankan pada ibu hamil dengan usia kandungan 12 minggu pertama karena waktu tersebut merupakan waktu paling berisiko untuk terjadinya keguguran. Namun memang belum didapatkan hubungan yang jelas antara kafein dengan risikonya apabila dikonsumsi pada akhir kehamilan.

Risiko kafein lainnya diantaranya adalah peningkatan risiko dari bayi dengan berat badan lahir yang rendah, bayi dengan kelainan testis yang tidak turun, serta peningkatan detak jantung serta tekanan darah yang dapat mengakibatkan insomnia pada ibu hamil.

Dengan demikian, ada baiknya apabila Anda mengkritisi kembali mengenai kandungan kafein dalam setiap makanan atau minuman yang Anda konsumsi agar tidak melebihi jumlah yang diperbolehkan.

Demikian penjelasan kami. Semoga dapat membantu.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar