Sukses

Gigi Rusak Parah Dicabut Atau Ditambal?

08 Mar 2017, 20:50 WIB
Pria, 17 tahun.

Gigi graham atas saya rusak parah dok hingga berwarna coklat, karna itu saya susah saat makan apakah gigi saya sebaiknya di cabut atau di tambal dok

Halo Rian,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter KlikDokter. Kami memahami keadaan yang anda alami. Sebelumnya kami ingin memberi sedikit penjelasan kepada anda. Idealnya kita harus mempertahankan gigi selama mungkin di dalam mulut. Gigi yang rusak parah dan berlubang besarpun tidak perlu buru-buru dicabut karena masih bisa dipertahankan dengan melakukan serangkaian perawatan.

Sebelum melakukan perawatan pada gigi yang rusak, tentunya dokter gigi akan memastikan apakah gigi tersebut masih bisa ditambal atau tidak. Semakin lama gigi rusak dibiarkan, maka perjalanan karies gigi akan terus berjalan sehingga menembus lapisan dentin pada tahap ini gigi masih dapat ditambal. Jika pada tahap ini karies gigi dibiarkan maka akan masuk ke dalam ruang pulpa yang berisi saraf gigi. Jika gigi bolong sudah menembus ke dalam ruang pulpa, maka rasa sakit akan semakin hebat, atau seperti yang sering dikatakan sakit spontan, cekot-cekot, mengganggu tidur malam. Pada tahap ini gigi sudah tidak bisa ditambal lagi, sehingga harus dilakukan perawatan saluran akar untuk bisa mempertahankan gigi tersebut. Bila karies gigi yang sudah mencapai ruang pulpa ini dibiarkan maka gigi lama kelamaan akan keropos dan mati. Pada tahap ini gigi sudah tidak dapat dipertahankan sehingga harus dicabut.

Dalam kasus gigi anda, gigi rusak parah hingga berwarna coklat ada 2 kemungkinan, bisa jadi gigi tinggal sisa akar dan harus dicabut, atau gigi keropos dengan kerusakan sampai saraf, yang mana masih dapat dilakukan perawatan saluran akar.

Untuk mendapatkan informasi yang lengkap baca artikel terkait pertanyaan anda:

- Gigi Berlubang: Cabut atau Rawat?

Demikian kami sampaikan, Semoga jawaban kami dapat membantu anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar