Sukses

Meminum Rebusan Daun Sirih dan Makan Daun Kemangi Saat Hamil

08 Mar 2017, 03:25 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat sore, dok. Nama saya Nurma. Saya mau tanya. Boleh gak sih ibu hamil minum air rebusan daun sirih atau makan lalapan kemangi?? Terimakasih. Mohon jawabannya.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), mengonsumsi daun sirih berbarengan dengan buah pinang dapat meningkatkan risiko kanker. Selain itu bila dikonsumsi berbarengan dapat meningkatkan risiko keguguran dan cacat janin.

Meskipun demikian, belum ada penelitian medis tentang keamanan konsumsi daun sirih saja saat hamil. Daun sirih dipercaya dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan dan meningkatkan nafsu makan ibu hamil. Selain itu juga mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat saat hamil. Namun, sebaiknya untuk menghindari meminum rebusan daun sirih saat hamil karena kurangnya data medis yang memadai dan menghindari gangguan pada janin. Memang secara tradisional sering dikonsumsi, namun secara medis belum ada data yang mendukung.

Sedangkan untuk daun kemangi, belum ada penelitian medis yang menyebutkan larangan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi daun kemangi. Untuk itu, selama jumlah yang dikonsumsi dalam batas yang wajar, maka anda boleh mengkonsumsi daun kemangi.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

salam

 

1 Komentar

  • Tika Maryani

    Ass... Slmat sre dok ,nma sya TikaMaryani ad yg mau sya tnyakn, bgaimna cara mengatasi keputihan disaat hamil,sya skrng sdang hamil 7bulan 1minggu, mhon penjelasannya dok,.. Trmksih... Wassallam, wr. wb