Sukses

Sakit Kepala pada Remaja

07 Mar 2017, 09:33 WIB
Wanita, 13 tahun.

dok saya masih berumur 13thn tapi saya sering mengalami sakit kepala disemua bagian disertai dengan mual dan leher terasa kaku.dada saya sering sakit hingga ke punggung rasanya seperti terbakar.detak jantung saya tidak stabil.lalu saya punya keringat berlebih sejak umur 6thn. saya punya turunan gagal jantung apakah mempengaruhi? lalu kira kira apa penyakit yang saya derita?

Terimakasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.

Kami memahami kondisi Anda. 

Sakit kepala kerap terjadi pada anak maupun remaja. Anda tidak perlu cemas sebab Anda tidak sendiri. Faktanya, sebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa 56% remaja laki-laki dan 74% remaja perempuan berusia antara 12-17 tahun mengalami sakit kepala. 

Sakit kepala pada anak dan remaja ini biasanya merupakan akibat dari stres dan pola hidup, selain akibat dari infeksi atau flu. Jenis sakit kepala yang paling sering dialami anak/remaja adalah migrain dan sakit kepala akibat tegangan otot (tension-type headache/TTH).

Berikut kami jelaskan secara singkat jenis-jenis sakit kepala yang mungkin Anda alami. Termasuk yang manakah Anda?

  • Migrain - nyeri kepala berdenyut disertai keluhan mual, muntah, sensitif terhadap cahaya dan suara.
  • Nyeri kepala tipe tension/tegangan - terjadi setiap hari atau dalam waktu tertentu namun tidak terdapat ciri-ciri seperti migrain. Biasa dirasakan seperti ada yang mengikat kepala, leher kaku dan nyeri. Jarang ditemukan mual dan muntah.
  • Nyeri kepala campuran  - kombinasi antara migrain dan tension.

Selengkapnya bisa Anda baca di sini: Sering Sakit Kepala pada Wanita.

Jika Anda menyadari apa yang memicu sakit kepala, hindari hal tersebut. 

Teknik relaksasi berikut dapat memodifikasi nyeri dan frekuensi sakit kepala:

  • Berbaring dan rileks
  • Lakukan stretching dan relaksasi pada oto-otot Anda
  • Kompres dingin kepala Anda
  • Mandi dengan air hangat
  • Berhenti sejenak dari aktivitas yang memicu sakit kepala seperti menggunakan komputer dalam waktu lama, belajar/membaca, atau olahraga berlebihan

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan:

  • Latihan pernafasan
  • Relaksasi dengan musik
  • Relaksasi dengan mental imagery
  • Konseling

Bila diperlukan obat-obatan, Anda dapat mengkonsumsi parasetamol ketika sakit kepala berlangsung.

Terkadang diperlukan pemeriksaan lanjut untuk memastikan ini memang hanya sakit kepala saja dan bukan karena penyakit lain. Saran kami, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter anak atau dokter saraf.

Terkait keluhan sering berkeringat berlebihan, ada kemungkinan Anda memiliki gangguan pada saraf otonom, ini pun bisa berhubungan dengan sakit kepala yang dialami. 

Mengenai sakit dada hingga punggung yang terasa seperti terbakar dapat disebabkan karena iritasi asam lambung (mag). Selengkapnya bisa Anda baca di sini: Gejala Asam Lambung Naik.

Gagal jantung bukan kondisi yang diturunkan. Biasanya, itu merupakan komplikasi akhir dari penyakit yang mendasari seperti tekanan darah tinggi atau riwayat serangan jantung sebelumnya. Ini lebih terkait ke penyakit akibat gaya hidup. Dan karena itu, tidak berhubungan pula dengan migrain yang dirasakan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar