Sukses

Anak Sulit BAB Setelah Ganti Susu Formula

07 Mar 2017, 07:11 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok sy mau tanya. Anak sy sdh dari 1 th mgkonsumsi morinaga gold childkid mulai dr yg 1 sampai 3. Nah karna usianya sdh 3 th maka sy cb childschool 4, awal mau berganti sdh sy mix antara childkid 3 dan 4 separo separo, tdk ad efek apapun. Nah kmudian sy cb tdk dicampur. Tapi BAB nya jdi jarang dan keras. Bagaimana ya dok solusinya?apa hrs dicampur trs?atau kmbali ke 3 lagi?atau bagaimana?trimakasih dok. Oiya anak sy laki3.

Terimakasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.

Sembelit/konstipasi adalah ketidakmampuan mengeluarkan tinja secara sempurna yang terlihat dari berkurangnya frekuensi BAB dari biasanya, tinja lebih keras, lebih besar, dan nyeri saat BAB. Perut dapat teraba keras akibat penumpukan massa tinja. Anak dianggap mengalami sembelit apabila sulit BAB lebih dari 2 minggu.

BAB pada anak memang bergantung pada asupan makanan yang diberikan. Jika memang asupannya sedikit maka BABnya juga menjadi jarang dan jika telah mengkonsumsi susu formula maka akan mempengaruhi frekuensi BAB anak. Susu formula lebih sulit untuk dicerna karena umumnya gerakan usus pada anak menjadi lebih lambat. Akibatnya BAB lebih jarang, tinjanya lebih padat dan keras.

Anda dapat menyiasati kesulitan BAB ini dengan memberikan susu formula yang lebih encer (tidak terlalu kental) agar lebih mudah dicerna (jika tidak ingin dicampur dengan produk sebelumnya). Pastikan pula anak Anda tidak kurang minum air putih. Jika ia sudah terbiasa dengan susu formula jenis baru ini, dapat ditambah kekentalannya dengan melihat pola BAB pada anak.

Buah-buahan yang bersifat melembutkan BAB seperti pepaya, pir dan alpukat juga bisa diberikan agar tidak terjadi sembelit.

Kami sertakan pula artikel berikut untuk menambah informasi Anda: 4 Penyebab Anak Sulit BAB.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar