Sukses

Gejala Hipotensi

07 Mar 2017, 05:28 WIB
Wanita, 16 tahun.

Selamat pagi dok, saya ingin bertanya dok Saya sering merasa pusing,mata kunang-kunang, lemes, susah tidur, kalo sudah tidur berat sekali untuk bangun , mual bahkan suka sampe muntah dan bawaaannya kaya ingin pingsan . saya cari ciri² yang saya rasa tersebut digolongkan dengan hipotensi. Apakah benar dok itu hipotensi tekanan darah rendah? Bagaimana cara mengatasinya dok? Sekilas pertanyaan dan konsultasi saya, terimakasih dok selamat beraktivitas.

Terimakasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.

Tekanan darah terdiri dari tekanan darah sistolik dan diastolik. Tekanan darah sistolik menunjukkan tekanan pembuluh darah tubuh saat jantung memompa darah. Sedangkan tekanan darah diastolik adalah tekanan pembuluh darah tubuh saat jantung beristirahat. 

Tekanan darah seseorang dianggap normal apabila berada di rentang <120/80 mmHg. Sedangkan disebut rendah apabila <90/60 mmHg.

Tekanan darah rendah disebut juga dengan hipotensi. Gejalanya di antaranya adalah pusing, rasa melayang, lemas, pandangan kabur, mual, keringat dingin, kehausan, hingga penurunan kesadaran atau pingsan.

Tekanan darah rendah dapat menjadi tanda penyakit tertentu misalnya dehidrasi (kekurangan cairan tubuh), gangguan jantung, gangguan sistem hormon, perdarahan, infeksi berat, reaksi alergi berat, dan pengaruh obat-obat tertentu.

Yang Anda alami bisa merupakan hipotensi, tetapi bisa juga merupakan gejala dari sakit kepala kronis atau vertigo. Hal ini perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan tekanan darah.

Bila ini terjadi berulang, sebaiknya periksakan diri ke dokter agar penanganannya tepat.

Bila memang hipotensi, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan agar tekanan darah meningkat:

  • Konsumsi garam yang lebih banyak.
  • Banyak minum air putih, hindari alkohol.
  • Makan yang lebih sehat (porsi lebih sedikit, namun lebih sering, dengan kandungan karbohidrat yang tinggi)
  • Olahraga teratur yang memacu kerja otot dan jantung (aerobik) seperti berenang, lari, bersepeda, dsb selama minimal 30 menit, 3-4x/minggu.
  • Untuk penderita hipotensi ortostatik (gejala: pusing dan gelap mendadak saat merubah posisi dari tidur ke duduk/berdiri): bangun secara perlahan dari tidur/duduk dan jangan menyilangkan kaki saat duduk.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar