Sukses

Tersentak Saat Tidur

06 Mar 2017, 20:41 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok saya bingung setiap saya tidur sama ibu saya pasti ditanya kaya gini "kamu kenapa sih disaat tidur seperti terkejut? " saya bingung jawabnya karena saya gak sadar sama sekali, reaksi badannya doang seperti kaget dok kalo terkejut saat tidur biasanya 1-2 kali doangkan nah ini sering, itu penyebabnya apa sig dok? Tolong dijawab yaa dok

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

Apakah yang Anda maksud dengan jantung dan kaki tersentak saat tidur itu adalah gerakan seperti orang kaget? Jika iya, maka jangan khawatir, karena hal tersebut bersifat normal. Yang Anda alami Itu dinamakan dengan hypnic jerk, atau sleep starts.

Biasanya saat seseorang tertidur dan bermimpi, orang tersebut aktif dalam mimpi tetapi tubuh tidak bergerak. Itu dikarenakan tubuh dalam keadaan lumpuh, karena sistim aktivasi retikuler tidak aktif secara penuh. Jadi, pada dasarnya ketika Anda merasa tersentak saat ingin tidur pada malam hari, hypnic jerk disebabkan oleh transisi otak dari fase bangun menjadi fase tidur. Atau dengan kata lain, terjadinya hypnic jerk merupakan usaha terakhir dari sistim motorik siang hari atas kontrol tubuh kita.

Pengajar ilmu psikologi & ilmu kognitif Dari University of Sheffield, Tom Stafford mengungkapkan, tubuh memiliki dua sistim saling berlawanan yang membantu manusia menjalani keseharian. Salah satu sistim tersebut adalah kumpulan sel saraf dalam otak bernama sistim aktivasi retikuler yang saat beroperasi penuh maka orang tersebut dalam keadaan bangun. Sedangkan di sisi lain ada juga saraf ventrolateral preoptic nucleus (VLPO) yang bertanggung jawab saat tubuh memasuki fase tidur, tepatnya pada saat tidur malam hari. Itu dia penyebab kenapa tubuh tersentak saat ingin tidur malam.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar