Sukses

Gejala Gangguan Cemas

06 Mar 2017, 20:39 WIB
Pria, 20 tahun.

Saya ingin bertanya, saya sering merasakan jantung berdebar, cemas, setelah itu terasa lemas. itu terjadi pada saat saya bekendara dengan kecepatan tinggi, lalu saat saya bertemu orang banyak, saat saya bangun tidur, pernah juga saat saya bertemu seorang wanita jantung saya berdebar. Apakah jantung bermalash Atau tidak? bagaimana cara mengatasi masalah seperti ini? Terimakasih

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

Penatalaksanaan serangan panik dan gangguan cemas dapat dilakukan dengan medikamentosa (obat-obatan) dan non-medikamentosa (tanpa obat). Penggunaan obat-obatan untuk mengatasi masalah ini sebaiknya sesuai dengan instruksi dokter dan dilakukan dengan berkesinambungan.

Disamping dengan obat- obatan, Anda dapat mencoba beberapa tips untuk mengatasi serangan panik dan gangguan cemas yang Anda alami, seperti :

  • Cobalah untuk menarik napas dalam dan perlahan-lahan saat serangan
  • Ingatkan diri Anda bahwa Anda tidak sedang dalam keadaan bahaya
  • Cobalah untuk membiasakan diri menghadapi hal-hal yang menjadi sumber ketakutan Anda, hingga Anda dapat mengontrol perasaan takut tersebut
  • Carilah hobi yang mampu membuat Anda melupakan kecemasan
  • Dll

Selain itu, untuk mengatasi serangan panik dan gangguan cemas, Anda dapat juga mencoba untuk melakukan suatu terapi kolompok atau konseling dengan psikiatri. Akan lebih baik jika Anda mampu mengatasi serangan Anda tanpa obat-obatan dibandingkan ketergantungan terhadap obat penghilang rasa cemas. Anda perlu bersabar mengatasi masalah ini karena memang memerlukan waktu yang cukup lama. Jangan mudah putus asa. Sangat baik jika Anda dibantu oleh seorang profesional (dokter spesialis psikiatri) yang dapat membantu Anda dengan konseling dan memantau perkembangan serta kemajuan serta memantau berbagai kesulitan yang Anda hadapi.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai terapi kelompok, anda dapat membaca artikel kami yang berjudul Terapi Kelompok Redakan Stress.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar