Sukses

Gangguan Setelah Operasi Mata

06 Mar 2017, 20:27 WIB
Pria, 55 tahun.

Dok saya ingin bertanya, optik mata sebelah kiri saya bergeser ke arah bawah, dan setelah di operasi ternyata dokternya memberikan ukuran optik yang salah. Seharusnya 60 tp dikasih 70. Jadi saya memita dokter tersebut untuk mengganti ukuran 60, akan tetapi dokter tersebut bukan mengganti namun menggesernya saja ke arah hidung yang mengakibatkan mata saya melihat yang lurus menjadi bengkok seperti bergelombang. Bolehkah bila mata saya di operasi lagi untuk mengembalikan ke ukuran yang sebenarnya? Dan apakah ada dampak negatifnya?

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

Sebelumnya, kami memohon maaf karena kurang memahami yang Anda maksud dengan optik mata yang bergeser setelah operasi mata. Apakah operasi mata yang Anda maksud adalah operasi LASIK untuk memperbaiki visus/ketajaman penglihatan? Apa yang Anda maksud dengan optik mata bergeser?

Sebelum menjawab pertanyaan anda, harus dipastikan terlebih dahulu bagian mata yang anda maksud.

Mata terdiri dari 2 bagian; 1) organ luar: bulu mata, alis, kelopak mata; 2) organ dalam: kornea,pupil, iris, lensa mata, retina, saraf optik.

Cahaya yang dipancarkan oleh setiap benda akan ditangkap oleh bagian terluar bola mata,yaitu kornea. Setelah itu, cahaya akan diteruskan ke pupil. Pupil adalah salah satu komponen dalam mata yang berfungsi untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke bagian mata yang lebih dalam. Pupil akan melebar jika berada pada kondisi ruangan yang gelap, dan akan menyempit jika sedang berada di ruang yang terang. Lebar pupil sangat dipengaruhi oleh iris yang berfungsi sebagai diafragma. Iris terlihat sebagai bagian yang berwarna pada mata. Umumnya iris berwarna cokelat atau hitam pada ras Mongoloid, dan kebiruan atau kehijauan pada ras Kaukasia. Setelah melewati pupil, cahaya kemudian akan diterima oleh lensa mata yang akan bekerja untuk memfokuskan cahaya dengan cara menebaltipiskan lensa sehingga dapat tepat jatuh di bintik kuning (bagian spesifik retina sekaligus paling peka terhadap cahaya). Kemudian, cahaya diteruskan ke saraf optik untuk selanjutnya diproses oleh otak.

Karena kurang dan biasnya informasi yang diberikan, kami belum bisa memberikan jawaban spesifik terhadap pertanyaan Anda. Anda bisa kembali mengajukan pertanyaan dengan menyertakan informasi atau riwayat penyakit yang lebih lengkap agar kami bisa memberikan jawaban yang lebih spesifik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar