Sukses

Kuku Cantengan

06 Mar 2017, 16:56 WIB
Pria, 17 tahun.

Sore dok, saya alvin umur saya 17. Saya mau tanya dok. Jempol kiri saya sudah 2tahun mengalami cantengan dok,sekarang jempol saya terasa bengkak,keluar nanah,kalo ditekan terasa sakit sekali. Saya minta tolong dok solusinya serta obat apa untuk menyembuhkannya. terimakasih dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami ketidaknyamanan yang Anda rasakan. Ingrown toe nail atau kuku cantengan, disebabkan oleh pertumbuhan kuku yang tidak normal. Arah tumbuh kuku yang seharusnya keluar, malah tumbuh menusuk kulit sekitar area tempat tumbuhnya. Umumnya, area yang sering bermasalah adalah bagian samping kuku. Pada kasus tertentu hal ini bisa menimbulkan luka, dan menjadi infeksi akibat masuknya kuman dan kotoran dari alas kaki atau lantai yang kotor.

Hal yang dapat Anda lakukan agar tidak berulang adalah:

  • Potonglah kuku secara teratur dengan arah yang benar. Hindari memotong terlalu bersudut dan terlalu pendek. Bila kuku sudah menusuk ke dalam, potong dengan gunting kuku steril.
  • Segera obati luka dengan obat antiseptik. Bila sudah terjadi infeksi, konsultasikan dengan dokter dan jangan mencoba mencabut kuku sendiri,
  • Hindari tempat perawatan pedicure yang tidak bersih dan tidak profesional. Lakukan pedicure di salon bersertifikat jelas.
  • cuci kaki dengan sabun setelah memotong kuku, agar bakteri tidak menempel apabila tanpa Anda sadari telah terjadi luka.

Mengingat sudah ada nanah, artinya sudah ada infeksi. Maka dari itu periksakan ke dokter agar bisa dilakukan pembersihan luka dan mengangkat kuku yang cantengan dengan alat steril.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar