Sukses

Polip dan Kehamilan

06 Mar 2017, 10:21 WIB
Wanita, 24 tahun.

tolong dok jawabannya saya tunggu soaly saya bingung dengan dua dokter di rumah sakit, pertama di usg 4 D saya positif polip karena tidak yakin keesokan harinya saya usg lagi sama 4D ke lain dokter bilangnya dokter saya bagus tidak ada polip atau kista rahim juga bagus, saya jadi bingung yang benar dokter mana.

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

Apakah ada keluhan tertentu terkait dengan pemeriksaan ke dokter kandungan? kami tidak bisa memberikan jawaban pasti apakah Anda mengalami suatu penyakit tanpa informasi yang cukup selain juga tidak melakukan pemeriksaan fisik. Namun kami akan mencoba membantu menjawab apakah polip rahim akan menyebabkan sulit memiliki momongan.

Polip rahim atau myom rahim termasuk tumor jinak karena merupakan pertumbuhan berlebih jaringan rahim (endometrium). Disebut polip karena pertumbuhannya menguncup keluar (oval/bulat) bahkan bisa sampai keluar menutupi cervix jika besar. Kondisi inilah salah satu alasan yang menyebabkan penghalang sperma untuk masuk kedalam rahim dan mencapai proses pembuahan. Tetapi pada kebanyakan kasus, polip ukurannya sangat kecil bahkan di bawah 1cm dan jarang menjadi keganasan.

Selain polip, terdapat kondisi lain yang juga dapat menghambat pasangan untuk mendapatkan keturunan, yaitu;

Kelainan hormonal pada wanita,
Adanya sumbatan pada vagina,
kualitas sperma yang rendah
gangguan pada rahim
kelianan pada saluran telur
kondisi psikis, dsb
Jika Anda sedang dalam program kehamilan, ada baiknya Anda dan pasangan berkonsulasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda.

Selain itu, untuk memperbesar kemungkinan terjadi pembuahan, kami sarankan untuk berhubungan intim teratur, 3-4x/minggu, terutama pada saat terjadinya ovulasi.

Perlu juga diperhatikan:

Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila ingin hamil.
Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami).
Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas, Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.
Ketahui masa subur Anda, dan lakukan hubungan intim 3x/minggu dengan posisi misionaris (pria di atas).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar