Sukses

Gejala Serangan Jantung

06 Mar 2017, 08:44 WIB
Pria, 81 tahun.

Dada terasa sakit dan keram

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari KlikDokter.

Bapak yang terhormat, gejala serangan jantung yang sering dijumpai antara lain:

  • Rasa tidak nyaman atau nyeri pada dada, yang dikenal dengan angina. Terjadi akibat otot jantung tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Sifat tidak nyaman atau nyeri dapat seperti ditindih beban berat, ditekan, atau ditusuk. Beberapa orang menggambarkannya seperti ditindih gajah atau dada seperti diikat sabut yang sangat kencang. Keluhan ini dapat juga dirasakan pada bagian tubuh atas lainnya.
  • Rasa tidak nyaman atau nyeri pada bagian atas tubuh seperti lengan, bahu, leher, rahang, punggung. Pada tenggorokan dapat berupa rasa tercekat, pada lengan dapat berupa lengan terasa amat berat dan tidak dapat digunakan.
  • Gejala lainnya, seperti yang sering dirasakan oleh penderita gagal jantung adalah sesak napas, kelelahan, berdebar-debar, mual, keringat dingin, dan pusing atau kliyengan.
    Gejala di atas muncul tiba-tiba dan tidak hilang dalam 15-20 menit.

Bila Anda pernah mengalami penyakit jantung koroner seperti ini, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk diperiksa lebih lanjut dan ditangani dengan tepat.

Bila mengalami serangan jantung, selama tidak ada keluhan sesak napas, air putih boleh dikonsumsi seperlunya. Namun bila ada keluhan sesak, tidak disarankan untuk mengkonsumsi apapun kecuali obat yang diberikan dokter.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar