Sukses

Solusi Makan Anak

05 Mar 2017, 21:25 WIB
Pria, 32 tahun.

Adakah dampak memberi makan balita saat mandi (makanan pokok) ??


Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Sebenarnya tidak ada larangan memberikan makan bayi sambil mandi, namun bagaiman dengan aspek kebersihan makanan? Karena tentu dalam suasana mandi dan mengganti popok memberikan risiko terhadap keebrsihan makanan. Izinkan kami menjelaskan juga tentang pola makan bayi.

Bayi dapat mulai diberikan buah-buahan dalam bentuk jus ataupun buah sejak usia 6 bulan. Buah-buah yang dapat diberikan seperti jeruk, pepaya, pisang, tomat, alpukat, dan semangka. Hindarilah buah-buahan yang bergetah seperti sawo, nanas, mangga, dan lainnya, karena dapat menimbulkan diare. Khusus tomat, rebuslah lebih dulu setelah dicuci bersih, lalu disaring untuk diambil airnya. Satu hal terpenting, cuci bersih setiap buah sebelum diberikan pada bayi.

Pada tahap awal, berikanlah kira-kira 30-50 ml air buah sebagai pengenalan pada kondisi pencernaan bayi, pantau reaksi yang timbul. Jika setelah minum air jeruk, timbuil diare, gantilah dengan buah lain pada pemberian berikutnya yang lebih cocok.

Mulai usia 4 – 5 bulan, bayi dapat mulai diberi makanan padat. Makanan padat pertama yang diperkenalkan hendaknya masih dalam bentuk lunak agar mudah dicerna bayi, bisa berupa dalam bentuk bubur susu. Memasuki usia 6 bulan bayi mulai belajar mengunyah, sehingga dapat diperkenalkan pada makanan padat berikutnya, seperti halnya nasi tim. Nasi tim biasanya terdiri dari bubur beras ditambah lauk berprotein hewani maupun nabati ditambah sayuran seperti wortel dan bayam. Ada baiknya nasi tim haruslah melalui proses penghalusan terlebih dahulu, bisa dilakukan dengan alat blender sebelum diberikan pada bayi.

Makanan yang sebaiknya tidak diberikan pada anak di bawah satu tahun berupa makanan yang mengandung gula, seperti biskut manis ataupun manisan. Sebaiknya tidak diberikan minuman lain kecuali susu (baik ASI maupun susu formula), air putih, atau jus buah. Selain itu, usahakan tidak memberikan santan terlebih dahulu kepada bayi. Apabila ada riwayat alergi, konsultasikan ke dokter spesialis anak anda, dan apabila perlu kunjungi dokter spesialis gizi.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

0 Komentar

Belum ada komentar