Sukses

Penyebab Pembuluh Darah Kepala Pecah

05 Mar 2017, 18:30 WIB
Wanita, 65 tahun.

Bagaimana cara menyembuhkan pembuluh darah kepala yang pecah dan langkah apa yang dilakukan saat pembuluh darah kepala pecah?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Kondisi perdarahan di otak dapat disebabkan karena dua hal, trauma dan nontrauma. Benturan keras di kepala karena trauma atau kecelakaan dapat menyebabkan perdarahan di rongga kepala maupun di otak.

Sedangkan Stroke hemoragik terjadi apabila terdapat pecah pembuluh darah akibat dari beberapa faktor pencetus. Dua tipe pembuluh darah yang rentan pecah (lemah) didapatkan pada kasus aneurisma dan malformasi arteriovenosa (AVM) :

  • Aneurisma adalah ballooning atau bagian dari pembuluh darah yang membesar menyerupai balon pada bagian pembuluh darah yang lemah tersebut. Apabila tidak diatasi, aneurisma akan semakin membesar dan pada akhirnya pecah dan mengakibatkan perdarahan pada otak. Aneurisma dapat diperburuk dengan peningkatan tekanan darah (hipertensi)
  • Malformasi arteriovenosa (AVM) adalah salah satu kelainan dari pembuluh darah. Salah satu dari pembuluh darah ini dapat pecah dan mengakibatkan perdarahan pada otak

Penyebab lain dari stroke hemoragik adalah :

  • meminum obat pengencer darah rutin, seperti aspirin dan warfarin
  • obat-obatan seperti kokain
  • kanker pada otak
  • Stroke hemoragik dibagi menjadi 2 :

Perdarahan intraserebral (di dalam otak). Perdarahan intraserebral umumnya dicetuskan oleh tekanan darah tinggi yang kronik dimana gejala awal adalah sakit kepala dan lebih sering terjadi pada seseorang yang berusia > 60 tahun. Tekanan darah tinggi kronik dapat melemahkan pembuluh darah dan menjadikannya lebih mudah pecah. Akumulasi protein yang disebut dengan amiloid angiopati juga dapat menyebabkan perdarahan. Perdarahan intraserebral umumnya fatal terutama bagi mereka dengan tekanan darah tinggi. Lebih dari setengah orang yang memiliki perdarahan intraserebral luas meninggal dalam waktu beberapa hari.


Perdarahan subarachnoid. Perdarahan subarakhnoid adalah perdarahan yang mengisi rongga subarakhnoid yaitu rongga antara lapisan dalam (piamater) dan lapisan tengah (arakhnoid matter) yang merupakan bagian selaput yang membungkus otak (meninges). Penyebab terseringnya adalah pecah aneurisma. Umumnya pecah aneurisma menyebabkan sakit kepala hebat yang datang tiba-tiba dan diikuti dengan hilangnya kesadaran. 35% orang meninggal ketika mengalami perdarahan subarakhnoid karena luasnya perdarahan.


Banyaknya perdarahan di otak menentukan keparahan dari penyakit. Pada beberapa kasus, seseorang dengan perdarahan serebral atau perdarahan otak dapat langsung meninggal karena peningkatan tekanan di otak. Perdarahan pada otak pun dapat menyebabkan edema atau pembengkakan pada otak. Peningkatan tekanan intrakranial (dalam rongga tengkorak) dan pembengkakan otak dapat berujung pada penurunan kesadaran dan kematian.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

 

TRY

0 Komentar

Belum ada komentar