Sukses

Batuk dan Nyeri Saat Bernapas, Mengapa?

05 Mar 2017, 18:57 WIB
Wanita, 33 tahun.

Dok,saya mau nanya nih.. 6bln yg lalu saya pernah batuk berdahak sampai suara hilang gitu dan dada sebelah kiri sakit betul kalau bernafas,berbagai obat saya minum dan berobat ke dokter juga ! Batiknya hilang tpi dada masih terasa sakit sampai sekarang trus tambah lagi sakitnya di bawah payudara kanan apalagi kalau bernafas dok,apa yg bisa saya lakukan dan penyakit apa kah saya derita ini dok... Trims

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah batuk terus menerus? Atau hanya di malam atau pagi hari? Apakah ada sesak, demam, keringat malam, batuk darah, nyeri dada? Apakah Anda merokok? Sudahkah melakukan pemeriksaan dahak?

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Batuk yang anda alami termasuk di dalam batuk kronis. Penyebab batuk dapat bermacam-macam, diantaranya adalah infeksi, post-nasal drip, asma, dan sebagainya.

Mengingat ketepatan diagnosa hanya dapat dilakukan dengan pemeriksaan fisik langsung disertai dengan beberapa pemeriksaan penunjang, kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis penyakit dalam atau dokter spesialis paru untuk pemeriksaan dan terapi lebih lanjut.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel untuk menambah informasi Anda:

  • 8 Penyebab Batuk Kronis
  • Awas Penyakit Paru Obstruktif Kronik
  • Tuberkulosis Paru (TBC Paru)
  • Bronkitis

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar