Sukses

Anak Alergi Susu?

05 Mar 2017, 11:15 WIB
Pria, 2 tahun.

Anak saya kan umur 2bln Dok, ini sy sdh gnt susu 3x yg terakhir ini sy pake morinaga platinum.awalnya di wajah ank sy sering timbul merah2 semcm merintis2 gt trus org byk bilang karena alergi susu.seblm pake morinaga ini sy pake susu enfamil,nutribaby skrg morinaga.setelah sy gnt morinaga ttp sj wajahnya merah2 gt mala skrg di badannya bag dada jg kena merintis2 merah gt.trus buang air besarnya lembek warna hijau.apa hal tersebut karena alergi apa gk cck susunya? Mohon info ya Dok.thanks

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda pasti sangat mengganggu Anda.

Keadaan yang anak Anda alami yaitu bintik merah pada wajag adalah alergi yang merupakan reaksi hipersensitivitas tubuh terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing atau berbahaya. Reaksi alergi memang biasanya terjadi pada anak dari orang tua yang juga memiliki alergi (genetik). Anak yang tidak mendapatkan ASI lebih berisiko untuk mengalami alergi susu sapi dibandingkan anak yang mendapatkan ASI ekslusif.

Anak Anda masih usia 2 bulan, sebaiknya Anda memberikan ASI eksklusif karena ASI adalah susu terbaik dan dapat memberikan kekebalan bagi bayi Anda.

Mengenai alergi susu sapi. Gejala klinis alergi susu sapi pada anak paling banyak terlihat pada saluran pencernaan dalam bentuk muntah, diare berlanjut yang kadang dapat disertai darah, serta konstipasi atau sembelit (50-60%). Namun, anak Anda tidak mengalami gejala pada saluran pencernaannya.

Gejala klinis lain dapat terlihat pada kulit dan saluran napas. Pada kulit dapat terlihat merah-merah pada kedua sisi pipi bayi, seperti yang terjadi pada anak Anda.

Kami menyarankan Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis anak, untuk memastikan terlebih dahulu gejala yang dialami anak Anda, apakah benar-benar mengalami alergi susu sapi.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.
Salam sehat,


Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar