Sukses

Ca Oxalat Pada Urin

05 Mar 2017, 10:04 WIB
Pria, 23 tahun.

Dear Dokter, beberapa hari yang lalu saya menerima hasil dari medical check up dengan hasil pemeriksaan pada urine ditemukan protein/albumin(+2) dan Ca Oxalat(+3) pada ginjal. Mohon penjelasannya dan treatment/pengobatan apa yg Dokter rekomendasikan untuk saya lakukan. Mohon informasinya Terima Kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Keluhan Anda adalah adanya ca oxalat dan protein pada pemeriksaan urin. 

Ca Oxalat pada hasil urin Anda mencerminkan adanya cikal bakal batu saluran kemih. Namun pemeriksaan darah dan urin hanya merupakan pemeriksaan penunjang saja, diagnosa suatu penyakit selain pemeriksaan penunjang, yang paling esensial adalah dibutuhkan adanya data wawancara medis secara detail dan pemeriksaan fisik secara langsung.

Penanganan pertama untuk kemungkinan batu atau infeksi di saluran kemih adalah minum air banyak minimal (1,5-2L/hari) dan tidak menahan BAK. Asupan air dalam hal ini digunakan untuk meng'flush' atau membersihkan saluran kemih. Namun apabila batu yang terdapat di saluran kemih sudah cukup besar dan menimbulkan gejala, maka batu tersebut harus dikeluarkan dengan bantuan beberapa jenis tindakan seperti ESWL (memecah batu dengan gelombang kejut) atau operasi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar