Sukses

Arti Pap Smear

04 Mar 2017, 20:34 WIB
Wanita, 42 tahun.

Beberapa hari yg lalu saya mendapatkan hasil papsmear Negatif, dan ada tambahan note dibawahnya sebagai berikut : sediaan apus cervix mengandung sel epitel skuamosa, sel endocervix, lekosit berkelompok dan eritrosit. tampak beberapa sel kelenjar yang atipik. (mungkin karena degeneratif). terapi dan ulangi pemeriksaan setelah terapi selesai. Mohon penjelasan dari hasil tersebut. Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda.Hasil pap smear Anda menunjukan adanya sel atipik pada serviks tanpa adanya tanda-tanda keganasan. Kokobasilus (bentuk jamak dari kokobasil) merupakan tipe bakteri yang berbentuk batang. Tipe bakteri ini terdapat pada beberapa bakteri di leher rahim/ serviks seperti Chlamydia trachomatis dan Gardnerella vaginalis. Pada kasus Anda, kemungkinan peradangan pada serviks adalah kedua jenis bakteri tersebut.

Infeksi jenis ini dapat sembuh jika diobati dengan tuntas sesuai dengan bakteri penyebab dan bukan merupakan bakteri penyebab keganasan seperti HPV (Human Papilloma Virus).

Salah satu tanda terpenting radang akut adalah terjadinya emigrasi sel radang yang berasal dari darah. Pada fase awal yaitu dalam 24 jam pertama, sel yang paling banyak bereaksi ialah netrofil atau lekosit polimorfonukleus (PMN).

Saat mengalami peradangan ataupun infeksi sebaiknya menunda untuk melakukan hubungan seksual agar dapat membantu mempercepat proses penyembuhan.

Kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan mendapatkan terapi yang optimal.

 

Kami juga lampirkan beberapa artikel terkait siklus haid untuk Anda baca:

 

Remaja Butuh Pap Smear

Hasil Pap Smear

Pemeriksaan Pap Smear

Menstruasi Sampai 30 Hari

Gejala Kanker Serviks

Keputihan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar