Sukses

Penyebab Haid Tidak Teratur

04 Mar 2017, 20:19 WIB
Pria, 24 tahun.

Hai dok sya member baru kenalkan sya nay, saya mw share tentang pengalaman saya, sebelum saya menikah tepatnya pertengahan tahun kemarin saya telat haid 3 bulan (saya belum menikah dan belum pernah melakukan hub seksual) saya periksakan ke dktr obygn beliau mengatakan saya punya kista ovarium kanan 1 cm dan kiri 4 cm dan ada pertu,buhan sel telur yang belum mateng , dktr hanya menyarankan saya tidak stress dan konsumsi makanan sehat, after dr dktr 1 minggu kemudian saya haid dan haid nya mulai teratur samapai saya menikah akhir tahun after saya menikah 2 mnggu kemudian saya merasa seperti anyang"n pipis terus dan perut bagian bawahnya sakit ,sya langsung periksakan ke IGD rs setelah di periksa saya mengalami infeksi kandung kemih , dan saya di kasih obat after itu sudah normal dan haid, setelah haid ke 1 setelah menikah saya periksa ke dktr obygn ingin tau keadaan kistanya dengan dktr yang berbeda dr sebellumnya, dktr bilang sya sulit punya anak karena ada kista 6 cm di bagian kiri dan adanya sel telur yang belum mateng dalem keadaan banyak , (huhhhhhhhhhhh sedihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh) dktr menyarankan saya mnum ovacare dan infla(saya lupa namnya) itu obat buat penyubur kalo g salah, setelah saya minum itu 1 minggu justru perut sy merasa begah dan kembung dan merasa berat perutnya , saya periksa ke dktr umum beliau mengatakan saya asam lambung dan sejenisnya , ok sya berenti mnum ovacare dan mnum obat dr dktr umum untuk mengatasi kembung, setelah itu perut saya kembali normal sya haid untuk yg ke 2 after menikah, tapi dengan keadaan flek coklat berlendir dan haid darah yang banyak selama 2 hari dan 4 hri flek cklt, sampai saat ini sayaseharusnya sudah mengalami haid yg ke 3 tp sudah telat 16 hari , wktu telat semnggu 1 sya tp tapi negatif, dan saya periksa ke dktr obygn yg berbeda juga (wanita) sebelumnya pria )katanya penebalan dinding rahim 8mm antara mau hamil atau haid, di kasih vitamin lactera (kalo g salah) untuk penguat janin dan minggu depannya suruh periksa kembali, keesokannya dan selama seminggu saya mnum vitamin dr dktr obygn saya mengalami mual enek nafsu makan bertambah pusing dan buang air kecil terus dan merasa perut keram pinggul suka panas tapi sesaat terus begitu selama 1 mnggu perut merasa kenceng tapi pas di tp negatif sudah 1 mnggu sya kmbali lg ke dktr obygn tersebut dan setelah di periksa masi ada penebalan dinding rahim jd 10mm belum keliatan janin (padahal sudal telat 2 mnggu) saya di suruh tp lagi dan hasil negatif, saya di kasih obat untuk memperlancar haid, tapi sy tdk tebus, sya sudah pasrah ... apa yang saya alami sebenarnya dok??

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih karena Anda telah memilih untuk menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pertama izinkan kami menjelaskan tentang siklus haid yang normal. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bila siklus haid tidak teratur, maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui penyebab dari siklus haid Anda yang tidak teratur.

Adapun siklus menstruasi tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
Malnutrisi (kurang gizi)
Stres psikologis
Atlet
Kekurangan vitamin K
Penggunaan obat-obatan tertentu
Kelainan pembekuan darah
Gangguan hormon tiroid
Dan lain sebagainya
Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan.

Untuk mengatasinya, cobalah beberapa tips dibawah:

Hindari Aktivitas Fisik yang Berat
Terlalu lelah adalah salah satu penyebab utama terlambatnya proses siklus haid. Hal ini karena tubuh membutuhkan sejumlah energi untuk meneruskan proses menstruasi secara teratur. Ketika jumlah energi habis karena adanya aktifitas yang berat, maka haid tidak datang tepat pada waktunya. Dan ketika siklus tidak lancar, maka sindrom pra-menstruasi datang mengancam. Untuk itu hindarilah kelelahan berlebihan.

Tubuh setiap manusia memiliki ambang lelah yang berbeda-beda, tergantung dari ketahanan stamina tubuh seseorang. Stamina dapat dilatih dengan berolahraga secara teratur Untuk memulai, cobalah jogging selama 15 menit dahulu, kemudian dilatih untuk menambah waktu minimal hingga 30 menit sehari.

Hindari Stres
Di atas batang otak manusia, terdapat satu struktur yang disebut hipotalamus. Hipotalamus memiliki beberapa fungsi dan yang terpenting adalah menghubungkan sistem saraf dengan kelenjar endokrin melalui kelenjar hipofisis atau pituitasi. Hipotalamus mengatur berbagai tingkatan hormon, termasuk hormon-hormon reproduksi wanita, yaitu esterogen dan progesteron.

Bila seorang wanita berada pada tekanan mental ekstrim seperti stres, maka produksi esterogen dan progesteronnya akan terganggu. Ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan siklus haid tidak teratur.

Sama dengan stamina, ambang stres setiap orang juga berbeda- beda tergantung dari ketahanan jiwanya. Ketahanan jiwa berhubungan dengan tubuh yang sehat. Oleh karena itu, dengan melatih tubuh berolahraga teratur, tubuh akan menjadi lebih segar dan memiliki stamina yang baik sehingga tidak mudah terserang stres.

Asupan Gizi
Asupan nutrisi tepat untuk kebutuhan gizi tubuh sangat diperlukan. Karena status kualitas dari asupan nutrisi dan gizi mempengaruhi kinerja kelenjar hipotalamus yang memiliki peran mengendalikan kelancaran siklus haid yang ada.

Kami juga lampirkan beberapa artikel terkait siklus haid untuk Anda baca:

7 Penyebab Haid Tidak Teratur
Lancarkan Liburan Dengan Melancarkan Siklus Haid
Tentukan Kalendar Datang Bulanmu


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar