Sukses

Batuk Sampai Muntah

04 Mar 2017, 17:17 WIB
Pria, 23 tahun.

dok, saya sudah 3 minggu ini batuk, dan sekarang batuknya sudah mulai sembuh (tidak batuk terus) tp ketika batuk selalu mual atau sampai muntah, dan tenggorokan saya juga sakit.. solusinya gimana dok? trimaksh

Terima kasih sudah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter.

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Batuk yang terlalu kuat dapat menyebabkan muntah karena adanya tekanan di perut.

Batuk yang Anda alami termasuk di dalam batuk kronis karena sudah lebih dari 2 minggu. Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah :

1. Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA)
2. Alergi
3. Asma
4. Tuberkulosis (TBC)
5. Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru)

Sayang anda tidak menjelaskan secara spesifik penyakit batuk anda. Mungkin dengan beberapa pertanyaan yang saya ajukan di bawah dapat lebih mempertajam analisis mengenai apa yang terjadi pada bapak anda :

  • Batuknya berdahak atau kering? kalau berdahak, apa warna dahaknya?
  • Apakah Anda merokok atau memiliki riwayat merokok sebelumnya?
  • Apakah Anda memiliki alergi terhadap debu, dingin, makanan, dll?
  • Apakah terdapat gejala lain seperti demam, penurunan berat badan, nafsu makan berkurang, sering berkeringat di waktu malam?
  • Apakah pernah sesak dan napas berbunyi 'ngik-ngik'?
  • Apakah ada yang memiliki penyakit TBC atau flek paru di sekitar bapak anda (tetangga, teman sekerja, saudara)?

Batuk yang diderita akan diterapi sesuai penyebabnya. Karena itulah pentingnya bagi kami untuk menanyakan hal-hal di atas berkaitan dengan pencarian dari penyebab batuk. Sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter untuk diperiksa secara langsung, atau mungkin butuh difoto roentgen dada untuk mencari penyebab batuknya.

Sekian, semoga membantu.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar