Sukses

Ingin Segera Hamil

04 Mar 2017, 08:48 WIB
Wanita, 28 tahun.

ass dok,,apa yg harus saya lakukan agar cpt hamil?. trus knp klu saya lg haid,,cuma 2/3 hari aj?..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Lamanya siklus menstruasi memang berbeda-beda pada setiap wanita ini dan hal ini dipengaruhi oleh sistem hormonal di dalam tubuh. Interaksi antara hormon yang dihasilkan oleh hipotalamus, hipofisis anterior dan indung telur (ovarium) terhadap dinding rahim (endometrium) menciptakan sebuah siklus menstruasi yang normalnya berlangsung setiap 21-35 hari selama 3-7 hari dengan jumlah berkisar antara 20-60 ml/hari. Sebenarnya lama haid 2-3 hari masih dapat dikatakan normal. Namun, untuk mengatasi kekhawatiran Anda sebaiknya Anda memeriksakan kondisi tersebut ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Terdapat beberapa jenis gangguan siklus menstruasi mulai dari memendek/memanjangnya siklus menstruasi hingga timbulnya perdarahan, baik di dalam maupun di luar siklus menstruasi.

Adapun siklus menstruasi tidak teratur ini, umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormon di dalam tubuh, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
Malnutrisi (kurang gizi)
Stres psikologis
Atlet
Kekurangan vitamin K
Penggunaan obat-obatan tertentu, seperti obat anti pembekuan darah, kortikosteroid, pil kontrasepsi (KB), antipsikotik, tamoxifen, dll.
Kelainan pembekuan darah
Gangguan hormon tiroid
Kelainan pada kandung telur (PCOS)
Dan lain sebagainya

Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ reproduksi. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan.

Yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga.

Selain itu, perlu juga diperhatikan:

- Hentikan segala bentuk kegiatan yang kurang baik seperti merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol.
- Sebisa mungkin hindari konsumsi obat-obatan, terutama yang dijual bebas.
- Ketahui masa subur Anda, dan lakukan hubungan intim sebanyak 2-3x/minggu dengan posisi misionaris (pria di atas).

Menurut the Center for Disease Control (CDC), perempuan yang merencanakan kehamilan dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.

Apabila setelah satu tahun melakukan hubungan intim secara teratur (2-3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi kehamilan belum juga terjadi, perlu dicari penyebab yang mendasari baik dari pihak Anda maupun pihak suami. 

Untuk suami, dapat dilakukan pemeriksaan analisa sperma baik secara kualitas maupun kuantitas. Apabila ditemukan adanya kelainan agar dapat segera ditatalaksana sesuai penyebabnya. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda dan suami berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk tatalaksana yang lebih optimal.

Demikian Informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar