Sukses

Nyeri Tulang Ekor

04 Mar 2017, 04:56 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat siang dok, saya mau tanya pantat sebelah kanan terasa nyeri diantara tulang ekor dan dubur. Saya coba periksa ke dokter umum diagnosa otot ditulang ekor sakit karena tekanan yg berlebih. Diberikan obat pereda nyeri setelah 2 hari blm ada perubahan yg signifikan. Sudah 5 hari ini untuk beraktivitas sakit. Sebaiknya saya periksa ke dokter spesialis apa?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima Kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Nyeri tulang ekor yang Anda alami termasuk dalam golongan Nyeri punggung bawah/Low back pain. Terdapat berbagai keadaan yang dapat menyebabkan keluhan ini, namun sebagian besar disebabkan oleh peregangan berlebihan akibat aktivitas berulang atau mobilisasi yang salah. Berdasarkan waktu keluhannya, LBP dibedakan menjadi LBP akut dan LBP kronis. Disebut LBP akut apabila keluhan tersebut dirasakan dalam waktu kurang dari 12 minggu, sedangkan dikatakan kronis apabila sudah dialami selama lebih dari 12 minggu. Adapun risiko terjadinya LBP dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, faktor kegemukan, pekerjaan, dan aktivitas/olahraga.

Di antara penyebab LBP yang lain adalah proses degeneratif (spondilosis, HNP, osteoartritis), penyakit peradangan (artritis rheumatoid), osteoporotik, kelainan bentuk pada tulang belakang (skoliosis), gangguan sirkulasi, tumor, infeksi, masalah psikoneurotik. kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf atau dokter spesialis tulang untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sehingga mendapatkan tatalaksana yang optimal

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar