Sukses

Benjolan Payudara

03 Mar 2017, 22:54 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok saya mau tanya. Di payudara saya kan sudah beberapa tahun ada benjolan. Dan tadi pagi pas mandi ada keluar nanah sama darah. Itu gimana yah dok?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima Kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Benjolan pada payudara bisa disebabkan oleh berbagai penyebab, dimulai dari infeksi kulit seperti bisul, atau mengarah ke perkembangan jaringan payudara berupa tumor yang jinak maupun yang ganas. Untuk membedakannya perlu diketahui karakteristik tumor tersebut, seperti:

Ukurannya, apakah semakin bertambah besar, lambat atau cepat

Permukaannya: licin atau berbenjol

Dapat digerakkan atau tidak (menempel pada kulit)

Bagaimana keadaan kulit di atasnya, berkerut atau tertarik

Apakah ada nyeri

Apakah ada pembesaran kelenjar getah bening di sekitarnya (termasuk ketiak)

 

Kami tidak dapat mengetahui secara pasti penyebab dari benjolan pada payudara Anda jika tidak melakukan pemeriksaan langsung. Hanya lewat perabaan saja sulit mengetahui jenis benjolan tersebut. Bahkan seorang dokter ahli kanker sekali pun perlu melakukan pemeriksaan, seperti biopsi untuk memastikan apakah sel-sel itu ganas atau tidak. Sekitar 80 persen benjolan yang ditemukan di payudara justru bukan kanker ganas. Yang paling penting jangan menunda untuk segera pergi ke dokter ahli kanker. Oleh karena itu kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik mendetil serta pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk memastikan diagnosis, dengan demikian Anda dapat memperoleh penanganan yang optimal.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar