Sukses

Haruskah Operasi Caesar Jika Ada Riwayat Patah Tulang?

03 Mar 2017, 18:25 WIB
Pria, 26 tahun.

Dok, saya ingin bertanya... usia kehamilan saya 32 minggu dan pada saat 6 tahn yang lalu saya pernah mengalami kerusakan pada tulang pinggul sebelah kanan sehingga, harus dilakukan pemasangan pen dan sekarang pen itu masih erpasang di pinggul sebelah kanan saya. yang ingin saya tanyakan jika saya melahirkan nanti apakah harus dilakukan operasi caesar... mohon bantuannya..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com

Meskipun operasi cesar tergolong cepat dan tidak menimbulkan sakit, jika tidak sesuai indikasi tetap saja dapat berisiko bagi ibu maupun bayi. Operasi cesar harus dilakukan sesuai dengan indikasi. Indikasi tersebut disesuaikan dengan kondisi ibu maupun anak.

Indikasi dilakukan operasi cesar dari sisi ibu adalah adanya kondisi panggul sempit, usia ibu di atas usia 40 tahun, kontraksi rahim lemah, ketuban pecah dini, ibu mengalami riwayat diabetes dan hipertensi, ibu memiliki penyakit menular seksual.

Indikasi dilakukan operasi cesar dari sisi anak adalah perkiraan berat bayi 4.000 gram, letak bayi sungsang, letak bayi melintang, terjadi gawat janin dengan kondisi denyut jantung janin abnormal, letak plasenta rendah sehingga menutup jalan lahir, bayi terlilit tali pusar, kelainan tulang panggul.

Seperti yang sudah dijelaskan, kelainan tulang panggul, termasuk riwayat trauma karena kecelakaan merupakan salah satu indikasi persalinan caesar. Setiap tindakan persalinan pasti memiliki risiko. Diskusikan dengan dokter kandungan Anda mengenai jenis persalinan yang Anda pilih serta apa yang akan dijalani saat persalinan nanti.

Semoga Anda dan janin dalam kandungan selalu diberi kesehatan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar