Sukses

Telinga Seperti Tertutup karena Pilek

03 Mar 2017, 17:31 WIB
Wanita, 21 tahun.

dok, telinga saya seperti tertutup saat saya sedang pilek, saya agak kesulitan mendengar karena telinga sebelah kanan saya yg seperti tertutup, bagaimana agar telinga saya kembali seperti semula? mohon solusinya,terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Keluhan telinga penuh dan terasa tersumbat seringkali dapat disebabkan karena sumbatan kotoran telinga yang menumpuk. Terlalu seirng membersihkan telinga dengan cotton bud juga dikhawatirkan malah akan mendorong kotoran semakin masuk ke dalam, atau ada bagian dari cotton bud yang tertinggal di dalam telinga.

Perasaan telinga tersumbat saja dapat disebabkan karena Anda mengalami apa yang disebut dengan serumen prop dimana kotoran telinga mengeras dan sulit untuk dikeluarkan. Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan langsung pada telinga Anda. Penyebab lainnya rasa tersumbat pada telinga karena perbedaan tekanan, jika Anda melakukan olah raga renang, atau olah raga dengan kecepatan tinggi roller coaster, bungee jumping, dll) atau perubahan tempat dengan tekanan berbeda seperti ke daerah dataran tinggi dapat mempengaruhi tekanan dalam telinga sehingga dapat tercipta sensasi seperti telinga tersumbat. Flu juga dapat menyebabkan perasaan tersumbat pada telinga karena adanya peradangan pada daerah THT. 

Apakah Anda sudah diberikan obat flu? Apakah saat ini masih flu? Anda dapat mengkonsumsi obat flu yang dijual bebas untuk membantu mengatasi flu Anda sehingga flu dapat mereda dan membantu proses penyembuhan. Jika pilek sudah sembuh tapi telinga masih terasa penuh, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi kepada dokter spesialis THT agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung pada lubang telinga Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar