Sukses

Mendeteksi Kehamilan Tanpa USG

03 Mar 2017, 15:39 WIB
Pria, 22 tahun.

ass... dok, saya mau tanya. kalo janin atau kehamilan bisa terdeteksi/teraba tidak tanpa melakukan usg? kalo bisa, kira2 umur berapa minggu?? trmksh, wslm...

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.

Halo,

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah Anda hamil atau tidak adalah melalui test pack. Test pack dapat dilakukan 1 hari setelah telat haid, dan bila hasil masih meragukan dapat diulangi 1-2 minggu kemudian. Bila masih megatif kemungkinan besar tidak hamil. Bila positif maka sebaiknya disarankan langsung memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang (USG kandungan).

Wanita yang sedang hamil sangat disarankan untuk menjaga kesehatannya sekaligus menjaga kesehatan janinnya. Selain itu juga penting untuk rutin memeriksakan diri dan kehamilan ke dokter untuk mengetahui perkembangan kehamilan.

Pertumbuhan janin dapat ditandai dengan pertambahan besar rahim, yang dapat diukur pada perut wanita hamil. Hal ini disebut dengan pengukuran fundus uteri atau puncak rahim. Namun, hal ini hanyalah kasat mata saja sehingga tidak pasti.

Ketika hamil, janin mulai bergerak-gerak pada minggu ke-6, kira-kira sekitar waktu jantung mulai berdetak. Gerakan ini dapat dilihat dengan bantuan ultrasonografi (USG) walaupun Ibu bisa merasakan sendiri. Tidak ada batasan yang pasti kapan gerakan janin akan terasa. Biasanya gerakan-gerakan pertama yang bisa dirasakan seorang Ibu dirasakan sebagai kedutan. Beberapa ibu mengatakan bahwa rasanya seperti ada kupu-kupu di dalam perut. Ibu yang lain mengatakan rasanya seperti ada udara dalam perut. Sebetulnya cukup sulit untuk membedakan apakah kedutan tersebut merupakan gerakan janin.

Perlu untuk diketahui bahwa pada kehamilan pertama gerakan janin mulai terasa setelah kehamilan memasuki usia 18-20 minggu. Sedangkan pada kehamilan kedua dan seterusnya, gerakan janin sudah terasa pada usia kehamilan 16-18 minggu.

Pemeriksaan paling akurat untuk melihat janin memanglah melalui USG. Cara ini paling mudah dan paling sering dilakukan oleh dokter. Tingkat akurasinya cukup tinggi, yakni sekitar 95%. Dengan USG maka usia kehamilan dan perkiraan waktu kelahiran si kecil bisa dilihat dengan jelas melalui “gambar” janin yang muncul pada layar monitor.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. semoga bermanfaat

salam

0 Komentar

Belum ada komentar