Sukses

Penularan Penyakit Paru TBC

03 Mar 2017, 07:27 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok, saya mau bertanya, saya terkena penyakit flek. apakah penyakit flek itu menular? kalau menular, itu melalui apa ? terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda mengenai penyakit flek paru atau TBC.

 

Tuberkulosis atau TBC adalah suatu penyakit paru-paru infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat menular melalui droplet/cairan dahak mengandung kuman tuberkulosis, yang dikeluarkan oleh penderita tuberkulosis paru ke udara terutama saat batuk dan bersin. Orang yang menderita TBC paru menularkan TBC melalui droplet yang dihasilkannya saat batuk/bersin/berbicara dan jika terhirup oleh orang di sekitarnya maka mampu menyebarkan kuman penyakit kepada orang tersebut. Oleh karena itu keluarga anda memiliki resiko tertular penyakit TBC yang Anda derita.

Tindakan pencegahannya antara lain dengan penggunaan masker (terutama untuk penderita), dan memenuhi asupan nutrisi termasuk multivitamin dan mineral untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sebagai penderita harus senantiasa menutup mulut setiap batuk atau bersin, dan agar tidak terjadi penularan kuman kepada orang disekitarnya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam sehat,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar