Sukses

Alergi Makanan

03 Mar 2017, 06:40 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok tiap saya kbanyakan makan makanan yang mengadung atau berasal dari bahan seafood kenapa suka muncul gatal2 bahkan bisul jika udah parah... 1.Saya coba minum obat apotik dexteemplus cocok tapi saya jadi gemuk/mekar dan berdasarkan info obat yg mngandung dextametason itu efek jangka panjanya adalah oestoporosis.benarkah itu? Pdhal waktu berobat ke dokter juga dikasih obat dextametason. 2.teman saya nyaranin minum obat xepalodin/obat yg mngandung loratadin krn dy cocok dan gak bikin gemuk. 3.supaya tidak gampang alergi saya dianjurkan oleh teman,apoteker untuk konsumsi vit c unt kkbalan tubuh spy tdk gampang alergi.. Yang benar dan tepat yang mn dok,saya tkut jika terlalu bnyk/sering minum obat kimia efek gak bgus kan ke ginjal dan oestoporosis..trims DOKTER sebelumnya. Saya tunggu balasanya..

Terima kasih atas pertanyaan Anda,

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan.

Seseorang dengan riwayat alergi tertentu dapat juga memiliki alergi terhadap beberapa hal. Dalam kasus Anda, Anda perlu memperhatikan dengan lebih teliti apa yang mungkin menjadi faktor pemicu timbulnya alergi Anda. Anda perlu memperhatikan jenis-jenis makanan, kondisi udara, dll yang memicu timbulnya alergi Anda.

Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah dengan melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi Anda dan menghindarinya. Jadi yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghindari makanan yang sudah Anda ketahui dapat menyebabkan reaksi alergi.

Cara terbaik untuk menghindari eksim kambuh kembali adalah mengenali faktor pencetus apa yang dapat membuat alergi Anda kambuh.

Obat untuk alergi selain dengan salep dapat juga konsumsi obat minum golongan antihistamine (loratadine, cetirizine) atau kortikosteroid lemah namun hanya boleh diberikan oleh dokter kulit bila memang keluhan tidak dapat Anda tahan.

Sebaiknya untuk obat oral harus konsultasi ke dokter, bukan apoteker. Apoteker hanya belajar mengenai obat namun bukan penyakit. Obat yang Anda konsumsi adalah golongan steroid yang tidak boleh dikonsumsi sembarangan karena dapat menimbulkan efek samping berbahaya, hanya boleh dengan resep dokter dan dibawah pengawasan dokter. Penggunaanya pun bukan untuk jangka panjang, kecuali untuk penyakit autoimun.

Kortikosteroid adalah suatu hormon yang dibuat oleh bagian korteks (luar) dari kelenjar adrenal. Hormon ini memiliki dua efek utama yang disebut efek glukokortikoid dan efek mineralokortikoid. Efek glukokortikoid antara lain :

  • Meningkatkan glukoneogenesis, yaitu pembentukan glukosa dari protein, sehingga beresiko meningkatkan kadar gula darah. Karena itu, orang dengan resiko diabetes dapat mengalami kenaikan kadar gula darah yang nyata.
  • Efek katabolik, yaitu mengurai protein sehingga mengurangi pembentukan protein, termasuk protein yang diperlukan untuk pembentukan tulang. Akibatnya terjadi osteoporosis atau keropos tulang, karena matriks protein tulang menyusut. Efek ini juga menyebabkan gangguan pertumbuhan jika digunakan pada anak-anak dalam jangka waktu lama.
  • Mempengaruhi metabolisme lemak tubuh dan distribusinya, sehingga menyebabkan pertambahan lemak di bagian-bagian tertentu tubuh, yaitu di wajah (jadi membulat), bahu, dan perut.
  • Mengurangi menghambat proses radang, sehingga merupakan obat pilihan berbagai penyakit peradangan,
  • Menurunkan fungsi jaringan limfa sehingga menyebabkan berkurangnya dan mengecilnya sel limfosit. Efek ini menyebabkan menurunnya kekebalan tubuh atau imunosupresan.Sedangkan efek mineralokortikoid utamanya adalah mengatur keseimbangan garam mineral dan air dalam tubuh.
  • Meningkatkan tekanan darah

Cara untuk menghentikan efek tersebut ya berhentikan obat tersebut. Dan jangan pernah mencoba lagi kecuali atas indikasi dokter, bukan apoteker.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar