Sukses

Bau Mulut Kronis

02 Mar 2017, 22:48 WIB
Wanita, 45 tahun.

Dokter. Sy menderita bau mulut sudah lama(20th).Sudah berulang kali periksa dan kontrol ke dokter gigi namun hasilnya sama.. Saya sudah berusaha untuk membersihkan gigi setiap sarapan dan sebelum tidur namun masih bau juga.sehingga saya menjadi sangat tidak PD dgn lingkungan kerja dan sekitar. Saya sering merasa mulut kering dan terasa pahit. Bahkan saya pernah ke dokter ahli dalam,katanya saya tidak ada penyakit yang bisa menyebabkan bau mulut. Bingung jadinya Dok.. Sy juga sudah minum ramuan herbal spt rebusan daun sirih rutin hari tp masih bau juga. Mohon bantuannya dok..

Halo Shezan,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi TanyaDokter KlikDokter.

Kami memahami keadaan yang anda alami. Mempunyai masalah bau mulut merupakan hal yang sangat mengganggu sekali dan bisa menyebabkan kepercayaan diri seseorang berkurang. Sebelum menjawab pertanyaan anda, kami akan menjelaskan sedikit mengenai Bau Mulut (Halitosis). 95% penyebab bau mulut berasal dari rongga mulut. Sisanya 5% dapat berasal dari saluran penceranaan. Bau mulut (halitosis) dapat terjadi akibat beberapa faktor, oleh karena itu kita harus mengeliminir penyebabnya satu persatu untuk menemukan sumbernya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dicermati :

*Bagaimana keadaan kesehatan rongga mulut anda.

1. Apakah anda melakukan cek gigi rutin ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali untuk melakukan pembersihan karang gigi? Karena karang gigi (calculus) tidak dapat hilang hanya dengan menyikat gigi biasa dan apabila menumpuk dapat menyebabkan radang gusi (gingivitis) dan gusi berdarah sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap.

2. Apakah terdapat gigi berlubang yang tidak ditambal dan kemasukan makanan sehingga menimbulkan bau mulut?

3. Apakah terdapat sisa akar gigi atau sisa gigi yang menampung sisa makanan yang membusuk sehingga menyebabkan bau mulut?

4. Apakah anda menggunakan gigi palsu yang terlalu cekat? Karena gigi palsu yang terlalu cekat bisa membuat sisa makanan masuk dan nyangkut di sela-sela gigi palsu sehingga menimbulkan bau mulut.

5. Apakah anda sering merasa mulut anda kering (xerostomia)? Xerostomia bisa merupakan efek samping dari suatu terapi, kelainan kelenjar ludah ataupun kebiasaan bernafas lewat mulut. Karena air ludah (saliva) berfungsi untuk membasahi dan menetralisir zat asam yang diproduksi oleh plak juga membuang sel-sel rusak dalam rongga mulut yang jika menumpuk dapat menyebabkan bau mulut. Obat kumur yang mengandung alcohol juga bisa menyebabkan mulut kering.

Segera periksakan ke dokter gigi jika masih terdapat faktor lokal diatas.

6. Jika faktor lokal diatas sudah diatasi namun masih terdapat bau mulut, kita dapat mencurigai ke faktor sistemik.

7. Beberapa penyakit sistemik yang dapat menyebabkan bau mulut, misalnya penyakit saluran pernafasan seperti Pneumonia, Bronchitis, Infeksi Sinus Kronis, Post Nasal Drip, Diabetes, Acid Reflux Kronis, Liver dan penyakit Ginjal. Untuk itu kami sarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter Spesialis Penyakit Dalam, dan kemukakan segala bentuk gejala-gejala yang terjadi pada tubuh anda, sehingga dokter internis dapat mengevaluasi dan mendapatkan hubungan antara bau mulut dengan penyakit sistemik sehingga didapatkan diagnosa yang tepat.

8. Selain mengalami bau mulut, apakah anda juga sering menderita sariawan? Apakah lapisan enamel gigi anda mengalami kerusakan? Sering mengalami gangguan pada system pencernaan? Jika iya, maka dugaan kami anda mengalami Celiac disease yang biasanya sensitive terhadap Gluten. Untuk memastikannya kami sarankan untuk melakukan tes alergi terhadap gluten. Namun jika di tempat anda tidak ada tempat pemeriksaan alergi Gluten, maka anda bisa coba melakukan pola makan tanpa Gluten selama 3 hari dan perhatikan hasilnya, apakah ada perubahan dalam bau mulut atau tidak. Hindari makan makanan yang diproses, makanan yang mengandung Gluten, wheat, kedelai, seperti kue, biscuit, makanan yang mengandung zat tepung.

Demikian kami sampaikan, Semoga jawaban kami dapat bermanfaat untuk anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar