Sukses

Penyebab Nyeri Perut Kanan Bawah

02 Mar 2017, 09:58 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dokter beberapa hari yang lalu saya merasakan nyeri perut yang sangat nyeri, kemudian beberapa hari kemudian nyerinya hilang, kemudian hari ini saya merasakan nyeri yang sangat nyeri di perut kanan bawah, dokter kira kira ini pertanda penyakit apa ya dok.....

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Keluhan Anda mengenai nyeri perut kanan bawah pasti sangat mengganggu Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat beberapa organ tubuh yang terletak di perut bagian kanan bawah, mulai dari kulit, otot, saraf, dan usus. Dari beberapa organ tersebut, memang penyebab tersering timbulnya keluhan nyeri perut kanan bawah adalah akibat adanya peradangan pada usus buntu (appendisitis). Nyeri perut pada usus buntu umumnya dimulai dari daerah ulu hati, kemudian berpindah ke daerah perut kanan bawah. Biasanya keluhan nyeri perut pada usus buntu disertai pula dengan keluhan pencernaan (seperti penurunan nafsu makan, mual, muntah, diare, dll) dan memiliki tanda yang khas pada pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter. Demam juga dapat timbul, tetapi biasanya kenaikan suhu tubuh tidak akan lebih dari 38ºC. Jika ditemukan peningkatan suhu tubuh melebihi 38ºC maka kemungkinan besar sudah terjadi proses peradangan yang lebih luas di daerah perut.

Jika Anda benar di diagnosis usus buntu maka terapi yang tepat adalah dengan operasi. Jika keadaannya belum terlalu parah (peradangan tidak terlalu luas), maka dapat diberikan antibiotik saja, namun tingkat kekambuhannya mencapai 35%. 

 

Penyebab nyeri perut kanan bawah lainnya yaitu:

  • Sistitis (peradangan kandung kemih)
  • Divertikulitis (penonjolan usus besar yang meradang)
  • Sumbatan usus

Kami sangat menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter secara langsung guna dilakukan wawancara medis yang mendetil, pemeriksaan fisis secara langsung, dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan guna menentukan diagnosis dan penanganan yang paling tepat untuk Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam sehat,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar