Sukses

Berbagai Penyebab Keguguran

02 Mar 2017, 09:57 WIB
Pria, 34 tahun.

Selamat pagi dokter. 9 hari pasca ditabrak dari belakang hingga istri saya (hamil 7 minggu) jatuh dan mengalami luka lecet dan sakit pada bagian pinggang dan perut akibat benturan, mengalami pendarahan dan keguguran, apakah syok akibat benturan di pinggang dan perut istri saya penyebab keguguran? Dicek virus, tidak ada terdeteksi di tubuh istri saya. Sebelumnya kami telah dikaruniai 2 orang putera/i

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Kami turut sedih atas keguguran yang menimpa istri Anda. Memang salah satu penyebab keguguran adalah trauma atau benturan atau cedera pada kehamilan. 

Izinkan kami untuk menjelaskan beberapa penyebab keguguran lainnya.

 

Keguguran pada beberapa kasus dapat disebabkan oleh :

  1. Kelainan pertumbuhan janin akibat: kelainan kromosom, lingkungan kurang sempurna (lingkungan rahim tidak memberikan nutrisi cukup untuk si janin), pengaruh dari luar (obat-obatan, alkohol, virus, radiasi)
  2. Kelainan plasenta: kelainan pada pembuluh darah ari-ari, biasanya disebabkan oleh hipertensi menahun pada ibu
  3. Penyakit ibu: infeksi paru-paru, tifoid, infeksi saluran kemih, malaria, anemia berat, TORCH, penyakit tiroid, diabetes, anti phospholipid sindrom.
  4. Kelainan pada organ kehamilan misalnya mulut rahim yang tidak kuat, kelainan pada dinding rahim, mioma uteri.
  5. Kelainan hormonal
  6. Dapat juga disebabkan oleh faktor emosional/stres
  7. Trauma/cedera pada kehamilan

Selama kehamilan diusahakan agar istri Anda rajin melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan, cobalah untuk tirah baring terutama bulan-bulan awalu dimana sering terjadi keguguran, jangan banyak melakukan pekerjaan, hindari berhubungan dulu terutama saat hamil muda, jaga agar terhindar dari trauma/benturan/cedera, coba konsumsi vitamin dan makanan yang mengandung gizi kehamilan yang cukup.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam sehat,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar