Sukses

Mungkinkah Alzheimer di Umur 20?
01 Mar 2017, 17:21 WIB
Pria, 16 tahun.

Setelah baca baca di internet katanya penyakit Alzheimer terjadi pada umur tua, dok saya mau tanya, ada gak kemungkinan terjadinya di usia 15-20 tahun?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.

Alzheimer adalah sebuah kumpulan gejala akibat kematian sel-sel otak pada saat yang hampir bersamaan, sehingga otak tampak mengerut dan mengecil. Alzheimer identik sebagai penyakit yang menyerang orang tua. Risiko mengidap alzheimer memang meningkat seiring dengan pertambahan usia. Umumnya seseorang dapat terkena alzheimer mulai usia 60 tahun. Jadi pada umur 15 - 20 tahun tidak mungkin terkena penyakit Alzheimer. 

Gejala awal Alzheimer’s adalah gampang lupa untuk hal-hal yang sering dilakukan dan hal-hal baru , disorientasi khususnya masalah waktu dan kesulitan dalam fungsi kognitif kompleks seperti matematika atau aktifitas organisasi . Pertama kali untuk menentukan adanya dementia / pikun perlu dilakukan konfirmasi dengan test neuropsychologi . Gejalanya termasuk adanya gangguan daya ingat dan kognitif . Alzheimer’s berat mempunyai riwayat kehilangan daya ingat yang progresif sampai mengganggu aktifitas sehari-hari , disorientasi tempat dan orang ( misalnya usia ) , dan juga waktu . Serta mempunyai masalah dalam perawatan diri ( misalnya lupa mengganti pakaian ). Perubahan tingkah laku seperti depresi, paranoia, atau agresif .

Orang yang mempunyai riwayat keluarga Alzheimer’s mempunyai resiko terjadi Alzheimer’s dan resiko tersebut makin meningkat apabila kedua orang tua menderita Alzheimer’s .Orang dengan Down sindrom juga mempunyai resiko untuk terkena penyakit Alzheimer’s .

Faktor risiko penyakit alzheimer antara lain adalah trauma kepala yang serius , penuaan , postmenopause , defisiensi estrogen , riwayat keluarga dengan genotype ApoE positif , meningkatnya homosistein serum , dll. Sementara itu faktor yang dapat menurunkan kemungkinan penyakit ini adalah Estrogen Replacement Therapy lebih awal pada masa menopause , anti inflamatory drug ( termasuk nonsteroid agent ) , antioxidant ,dan penggunaan statin.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar