Sukses

Cara Mengatasi Nyeri Lutut

01 Mar 2017, 17:06 WIB
Pria, 36 tahun.

dok saya habis kecelakaan pada bulan oktober 2015 lalu, sampai sekarang lutut (bagian depan) saya terasa nyeri-nyeri apabila terlalu lama bergerak atau mengangkat yang berat, akan lebih terasa nyeri ditambah agak panas pada lutut, mohon petunjuk; - apakah saya harus memeriksakan ke dokter, - apakah perlu rontgen dahulu, - bagaimana dengan obat alternatif dan mungkin pijat urat terima kasih sebelumnya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Nyeri pada daerah lutut dapat berasal dari lutut itu sendiri atau dari tempat lain (seperti pinggang, pergelangan kaki atau punggung bagian bawah) karena adanya persarafan yang saling berhubungan. Struktur dari lutut terdiri dari tulang, tulang rawang, tendon, ligamen dan bursa. Kelainan atau gangguan pada struktur tersebut dapat menimbulkan nyeri. Penyebab nyeri lutut yang paling sering antara lain infeksi, peradangan (rheumatoid arthitis, osteoarthitis, dll) atau cedera.

Dari deskripsi yang anda berikan, masih terdapat beberapa hal yang belum jelas, seperti :

Sejak kapan anda merasakan nyeri lutut
Bagaimana sifat nyeri yang anda rasakan? apakah terus menerus, nyut-nyutan, seperti ditusuk,dll
Adakah perasaan baal atau kesemutan pada kaki atau telapak kaki
Adakah riwayat demam sebelum muncul nyeri?
adakah riwayat trauma sebelumnya?

Karena itu diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter, khususnya oleh dokter spesialis penyakit dalam serta pemeriksaan penunjang baik pemeriksaan laboratorium, foto rontgen maupun pemeriksaan lain untuk memastikan penyebab nyeri lutut yang terjadi apakah dikarenakan suatu proses infeksi atau peradangan.

Sebagai pertolongan pertama, Anda dapat mengompres lutut dengan es atau air dingin dan mengkonsumsi obat antinyeri seperti parasetamol atau asam mefenamat. Tindakan mengurut tidak terbukti bermanfaat untuk mengatasi nyeri lutut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar