Sukses

Solusi Puting Lecet Karena Menyusui

01 Mar 2017, 16:22 WIB
Wanita, 31 tahun.

halo, sy busui. anak usia jalan 5bulan. sdh sebulan puting lecet tdk sembuh. sdh coba diolesi lanolin cream. 10hari trakhir, pasca menyusui perihnya berlanjut. perih hebat smp tidak bs beraktivitas krn menahan sakit (terjadi hampir tiap hari. 1-2x tp bs berjam2). 3hr trakhir PD yg putingnya lecet ini, 'mrengkel' tdk kunjung hilang walau disusui. sy dirujuk ke penyakit dalam. tp blm sempat kesana. apakah lbh tepat kalau ke dokter kandungan dok? saking sakitnya, sy berpikir utk menyapih.. trm ksh

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com

Lecetnya puting dapat disebabkan oleh posisi menyusui yang salah dan tidak sempurnanya perlekatan antara mulut bayi dengan puting ibu. Edukasi kepada ibu mengenai cara menyusui yang benar penting sekali untuk mencegah terjadinya hal ini.

Lecet yang terdapat pada puting dapat menyebabkan infeksi pada payudara ibu karena masuknya kuman yang terdapat pada mulut dan hidung bayi ke dalam payudara melalui puting yang lecet dan retak tersebut. Bila terjadi infeksi, dapat timbul gejala seperti puting tampak bengkak, kemerahan, terasa nyeri, dan timbul demam.

Untuk mencegah infeksi pada puting lecet, ikuti langkah berikut ini:

  • Biasakanlah untuk menjaga kebersihan daerah puting payudara Anda. Bersihkan puting sebelum dan usai menyusui.
  • Jangan menghentikan pemberian ASI pada bayi Anda jika terjadi puting lecet, karena tidak keluarnya ASI dapat memperparah peradangan yang terjadi.
  • Dapat pula diberikan salep untuk membantu proses penyembuhan lecetnya puting tersebut. Salep dapat diberikan saat ibu sedang tidak menyusui. Jika tiba saatnya untuk menyusui jangan lupa untuk membersihkan terlebih dahulu puting ibu supaya salep yang terdapat pada puting tidak tertelan oleh bayi.

Bila sudah terjadi infeksi pada puting yang lecet tersebut, segera kunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mendapatkan pengobatan segera. Untuk mengatasi infeksi dapat diberikan antibiotik. Antibiotik yang diberikan dapat berupa tablet minum maupun salep antibiotik yang akan dioleskan ke puting ibu saat tidak menyusui.

Semoga keluhan Anda segera berkurang. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar