Sukses

Feses Berwarna Putih, Pertanda Sakit Apa?

01 Mar 2017, 13:11 WIB
Pria, 22 tahun.

salam sehat dokter... saya resvaldhi saya punya keluhan pada perut saya yg sakit dan membuat tidak nyaman, tidak menentu untuk posisi nya tapi ada 2 yg membuat saya heran yaitu pada perut bagian kanan atas jika ditekan sangat sakit dan terkadang perut saya sebelah kiri terasa nyeri seperti dipelintir tp durasi tidak lama tp jika ini terjadi bisa 2sampe 3kali baru bener2 berenti. pada tahun lalu bulan 10 saya sempat di usg dan rontgen apendiks hasil usg yaitu fecal statis dan apendiks tidak tervisualisasi, sedangkan haasil rontgen tertulis tak tampak kontras mengisi apendiks,non filling apendiks masih mungkin adanya appendicitis kronis. tp pada waktu itu saya tidak lanjut berobat karena sakit hilang nah sekaran sakit muncul lg dr sekitar 1 bln lalu saya hanya minum obat dokter tanpa pemeriksaan penunjang sampai berat badan turun dr 49kg sampai saat ini sudah 42kg,dan pada 1 minggu lalu saya mengalami pusing berat dann 1hr kemudian saya bab feses saya 90persen berwarna putih, saya selalu cek glukosa sewaktu 2jam setelah makan dan hasilnya selalu rendahh yg paling rendah yaitu 69 mgl. pertanyaan saya pertama apakah itu prtanda serius? kedua adakah hubungannya dgn hasil apendic tahun lalu? ketiga apakah jika ini pertanda serius jika feses terus2an putih atau jika terjadi walau hanya 1 kali itu pertanda serius? keempat pemeriksaan darah jenis apa yg harus dijlani? sekian dokter sekiranya bisa dijawab salam sehat dokter terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari KlikDokter.

Saudara yang terhormat,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan feses yang berwarna putih (dempul) merupakan pertanda adanya gangguan pada empedu Anda. Gangguan bisa berasal dari kantung empedu atau saluran empedu. Penyakitnya dapat berupa infeksi, batu empedu, atau tumor. 

Untuk memastikannya, Anda harus memeriksakan diri ke dokter. Hal ini merupakan kondisi yang cukup serius dan membutuhkan penanganan khusus. Dokter kemungkinan besar akan menyarankan pemeriksaann USG dan pemeriksaan laboratorium seperti SGOT, SGPT, bilirubin, Alkali fosfatase, Gamma GT. Namun sebaiknya  sebelum melakukan pemeriksaan lab, Anda diperiksa terlebih dahulu secara langsung oleh dokter.

Kemungkinan besar, keluhan feses berwarna putih yang Anda alami tidak berhubungan dengan riwayat radang usus buntu (apendisitis) yang pernah diderita sebelumnya. 

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar