Sukses

Mengenai kanker serviks

28 Feb 2017, 16:41 WIB
Pria, 27 tahun.

Halo dok saya mau tanya , 1 bulan yg lalu saya periksa tentang keluhan saya , dan akhirnya dikasih obat dan disuruh balik lagi , pas udah balik , di cek sm dokter di surya husada bali , dia bilang ada indikasi kanker serviks , tapi blm bisa memastikan , seminggu lagi saya disuruh dateng lagi setelah minum obatnya lagi , nah saya takut dok kalo emang bener ada sel kanker serviks , apakah ada saran apa yg bisa saya lakukan untuk antisipasi mengenai sel kanker itu ? apa yg bisa saya lakukan skrg ? terus terang saya lebih cenderung ke pengobatan tradisional , tapi tetap saja yg bisa mendeteksi adalah dokter dan alat2 medis .. mohon saran nya dok .. dan 1 lagi apakah wanita yg mengidap kanker serviks masih boleh berhubungan suami istri ??? terima kasih dok saya menunggu tanggapan nya ..

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Gejala dan keluhan akan muncul ketika kanker serviks telah berada pada stadium yang lebih lanjut. Gejala-gejala yang perlu diwaspadai tersebut antara lain:

Keputihan kronik yang berbau dan bercampur darah.

Perdarahan yang terjadi di luar masa menstruasi.

Periode menstruasi yang terjadi lebih berat dan lebih lama daripada biasanya.

Perdarahan yang terjadi setelah masa menopause.

Perdarahan yang terjadi setelah melakukan hubungan seksual.

Perdarahan yang terjadi setelah pemeriksaan panggul atau pembersihan vagina (douching).

Nyeri di daerah panggul.

Nyeri saat melakukan hubungan seksual.

Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya.

Dalam menghadapi kanker serviks, hal yang terbaik adalah jangan menunggu hingga gejala-gejala di atas muncul. Lakukan pemeriksaan pada daerah serviks secara rutin jika Anda sudah aktif secara seksual. Apakah sudah dilakukan pemeriksaan pap smear dan IVA? Jika ya bagaimana hasilnya? Obat - obatan apa sajakah yang diberikan oleh dokter Anda? Gejala - gejala apa sajakah yang Anda alami?

Sayang sekali informasi yang Anda berikan sangatlah singkat sehingga sulit bagi kami untuk mendiagnosis keluhan Anda dan merekomendasikan pengobatan tertentu. Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan guna penanganan lebih lanjut. 

Baca juga:

Metode Baru Deteksi Kanker Serviks

Sering Nyeri Perut Bawah? Waspada Gejala Kanker Ovarium

Vaksin HPV Mencegah Kanker Leher Rahim

Vaksin HPV Untuk Mencegah Kanker Mulut Rahim (Kanker Serviks)

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar