Sukses

Masalah kulit

28 Feb 2017, 16:14 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok saya mau bertanya, jadi dibelakang punggung saya banyak bintik2 kaya jerawat gitu sampai kepundak juga. Sudah pernah saya pakai body scrub,pakaian sering ganti,jarang berkeringat juga, mandi juga bersih. Tapi malah makin banyak gitu, awal mula muncul sih pas saya ngekost ditangerang . Air disana memang kurang bagus, mungkin itu penyebabnya. Tapi saya udah tidak ngekost lagi, udah sekitar 6 bulan. Tapi malah makin banyak nimbul. Jadi saya mesti bagaimana ya dok? Apakah ada obat tertentu atau cara alternatif lain? Terimakasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Jerawat di punggung, dada dan sekitarnya paling sering juga disebabkan karena kondisi kulit yang berkeringat. Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum.

Kami memahami rasa frustasi Anda. Hal ini memang sering sekali terjadi, dan sangat bisa dipahami, Anda perlu bersabar dan memperhatikan pemicu-pemicu yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat agar dapat menghindarinya.

Selain itu, sebaiknya Anda tidak memencet jerawat Anda karena dapat menyebabkan bekas kehitaman atau parut pada kulit yang sulit untuk diatasi. Selain itu juga dapat menyebabkan infeksi pada daerah jerawat Anda.

Berikut artikel yang dapat menambah informasi Anda:

Jerawat

Lupakan Obat Luar untuk Basmi Jerawat.

Selain dari obat-obatan luar dan obat-obatan minum, Anda juga perlu memperhatikan diet dan kebersihan wajah dan daerah berminyak lainnya. Untuk daerah punggung dan sekitarnya Anda juga bisa mencoba untuk melakukan perawatan lulur secara rutin 2 kali seminggu.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin atau dokter ahli estetika yang dapat membantu Anda dengan pengobatan yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Kami sarankan agar tidak berganti-ganti dokter karena penanganan kulit berjerawat memang membutuhkan waktu yang lama sehingga perlu pemantauan dan kesabaran. Jika berganti-ganti dokter, maka setiap dokter baru biasanya akan memulai pengobatan dari awal lagi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar