Sukses

Kulit disekitar jari luka?

28 Feb 2017, 14:22 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok mau tanya dong.. Aku kan tahun kemarin training disalah satu hotel dibali.. Dan kebetulan aku training dibagian kitchen.. Dan ga tau kenapa jari di tangan kanan aku gatel dan luka gtu.. Asalnya dijari telunjuk.. Ada benjolan kecil2 dan ada air nya gtu.. Nah entah selang brp bulan benjolan tsbt menyebar di jari tengah sama jari manis.. Akhirnya aku mutusin buat ke dokter spesialis di cimone.. Kata dokter disana sih alergi sabun pas training kmren.. Aku dikasih obat dalam bentuk salep sama onat minum.. Sstelah semuanya udh habis luka sempet hilang.. Tetapi gak lama kemudia kumat lagi dan sekarang malah makin parah.. Lukanya bernanah dan lama lama jadi korengan gtu dok.. Minta sarannta dong dok.. Saya udh usaha setiap pagi dan malem saya rendem tangan saya pake antiseptik cair sama air hangat.. Tp sesaat luka ilang terus timbul lagi dok.. Lelah saya sama luka saya ini.. Apalagi tangan kanan yang selalu banyak beraktifitas.. Apalagi buat berjabat tangan saja saya malu dok.. Thx

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah menggunakan layanan E-Konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sayang sekali untuk mendiagnosis masalah kulit diperlukan wawancara lebih lanjut dan pemeriksaan langsung. Namun berdasarkan cerita Anda, kami menduga bahwa Anda mengalami pompholyx. 

Luka berair pada telapak tangan dan kaki yang berulang dalam dunia kedokteran kerap disebut dengan Pompholyx / Dyshidrotic eczema. Faktor pemicu timbulnya penyakit ini sangat beragam di setiap individu, sebagai berikut :

Dermatitis kontak (alergi pada bahan tertentu)
Infeksi jamur atau bakteri yang telah menyebar
Pemakaian obat tertentu
Stres emosi
Konsumsi makanan tertentu
Rokok
Kontrasepsi oral
Perubahan iklim
dan berbagai sebab lainnya yang tidak diketahui

Untuk mengetahui penyebab dan terapi terbaik dari kondisi Anda, mohon periksakan diri ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Hindari kontak dengan bahan yang ditengarai memiliki sifat iritan, jagalah kebersihan dan gunakan pelembab secara rutin.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar