Sukses

Solusi Batuk Pilek Anak

26 Feb 2017, 10:02 WIB
Pria, 22 tahun.

Batuk pilek

Terima kasih atas pertanyaan anda,

Mengingat penyakit ini sudah berlangsung lama, ada beberapa pertanyaan :

Apakah pernah berobat sebelumnya ke dokter?
Apakah pernah dilakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan roentgen dada?
Apakah ada di lingkungan sekitar Bapak yang memiliki sakit batuk lama atau flek paru?
Apakah di keluarga Bapak ada yang memiliki riwayat alergi atau asma?
Apakah anda merokok? dalam sehari berapa bungkus anda merokok?
Apakah batuk anda berdahak? bila ya, kapan batuk yang paling sering menghasilkan dahak? dan Dahak bewarna apa?
Batuk-pilek tidak sembuh-sembuh dan terutama terjadi di waktu malam dapat mengindikasikan adanya alergi atau asma. Alergi ini akan terus terjadi apabila pencetus tidak dihilangkan. Pencetus dapat berupa dingin, debu, makanan, dll. Asma juga dapat bermanifestasi sama. Asma pun akan kambuh karena ada pencetusnya, seperti debu, bulu binatang, dingin, dll. Hal ini ditunjang apabila dari keluarga memiliki riwayat alergi/asma. Untuk memeriksakan alergi, dapat dilakukan tes alergi untuk mengetahui secara pasti penyebab dari alergi tersebut. Penyakit lain yang dapat timbul akibat pengaruh dari alergi adalah sinusitis (peradangan pada rongga sinus) yang dapat menimbulkan gejala seperti batuk, pilek dan nyeri kepala berulang yang sulit sembuh. Pemeriksaan yang dapat dilakukan adalah foto X-Ray rongga sinus.

Selain itu, pemeriksaan rontgen dada juga diperlukan untuk menunjang kemungkinan penyakit lain yaitu tuberkulosis. Untuk mendiagnosa TB juga dapat ditunjang dengan keluhan lain seperti demam, berkeringat saat malam, tidak ada nafsu makan dan berat badan yang tidak naik-naik. Pemeriksaan lain adalah dengan melihat dahak bapak.

Untuk mengatasi batuk bapak, yang sebaiknya dapat dilakukan adalah segera melakukan pemeriksaan foto Xray pada paru-paru atau pada rongga sinus, namun sebaiknya anda konsultasikan diri anda dahulu ke dokter specialis THT atau specialis penyakit dalam. Mulai sekarang coba konsumsi banyak air putih, hindari merokok, berolahraga secara rutin, serta mengkonsumsi gizi-gizi yang baik untuk anda, coba juga mengkonsumsi vitamin.

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar