Sukses

Gynaecosid dan Kehamilan

23 Feb 2017, 22:46 WIB
Pria, 26 tahun.

Selamat Sore Dokter, saya baru menikah 4 bulan dan terkena TB kelenjar. sudah 3 minggu mengkonsumsi obat Rifampicin 450gr, Pyrazinamide 500mg dan Pehadixin Forte. Selama rentang waktu tersebut, saya terlambat haid selama 10 hari, hasil test pack negatif dan usg cuma gumpalan darah tanpa "kantong" (istilah dokter). karena itu saya di berikan obat gynaecosid 8biji untuk 4 hari untuk memperlancar haid. 9 hari setelah menghabiskan gynaecosid, saya belum datang bulan. ketika menggunakan test pack, hasil menjadi positif. Apakah ada pengaruh obat gynaecosid tersebut pada perkembangan janin saya? menurut dokter, gynaecosid tidak berbahaya karena efeknya hanya meningkatkan kontraksi dan tidak mempengaruhi janin . apakah betul seperti itu? obat-obat TB kelenjar yang saya minum apakah berbahaya untuk janin? karena setelah saya googling, obat-obatan tersebut tidak berbahaya. malah gynaecosid yang sebenarnya berbahaya bagi janin? tolong pencerahannya. terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com

Obat Gynaecosid merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi masalah gangguan menstruasi terutama amenorrhea (tidak mendapatkan haid) yang penyebabnya bukan karena kehamilan. Obat ini menyebabkan kontraksi di rahim, penipisan dinding rahim, dan perdarahan.

Obat ini sebaiknya tidak dikonsumsi oleh wanita hamil karena berisiko menyebabkan perdarahan sampai keguguran. Jika wanita hamil tidak sengaja meminum obat ini maka sebaiknya diperhatikan apakah ada gejala nyeri atau keram perut dan perdarahan. Selain itu lakukan pemeriksaan dan USG berkala untuk menilai kesejahteraan janin.

Semoga Anda dan janin dalam kandungan Anda dalam kondisi sehat sampai melahirkan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar