Sukses

Mengatasi Ambeien

24 Feb 2017, 12:10 WIB
Pria, 28 tahun.

Saya ingin bertanya.... Bagaimana cara mengobati ambeien biar sembuh tanpa operasi

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter
Halo Inter!

Terapi operatif pun sekarang tidak harus diangkat dengan pisau bedah, namun bisa melalui tindakan yang disebut Rubber Band Ligation, suntikan Sklerotherapy pada wasir, dan infrared coagulation. Terapi berupa suntikan atau sering disebut sebagai sclerotherapy yaitu penyuntikan zat kimia atau sklerosan yang dilakukan pada wasir sehingga menyebabkan runtuhnya dinding pembuluh darah pada wasir. Terapi ini hanya berguna pada hemoroid yang masih kecil yaitu derajat I-II yang tidak sembuh dengan terapi konservatif (diet tinggi serat, tidak mengedan, krim hemoroid). Sekitar 77-86% hemoroid akan sembuh total atau tidak kembali seperti semula. Namun terapi ini sudah jarang dilakukan lagi di negara-negara maju karena risiko infeksi dan komplikasi yang dapat menyebabkan kerusakan rektum.

Pada saat ini terapi non-operatif yang cukup banyak digunakan adalah Rubber Band Ligation yaitu karet yang diikatkan pada wasir sehingga jaringan wasir akan mengalami kematian yang pada akhirnya akan lepas sendiri bersamaan dengan buang air besar. Namun apapun terapinya tidak akan berarti bila tidak disertai perubahan pola makan, olahraga, perilaku ke belakang. Hal ini disebabkan peluang kembalinya hemoroid erat kaitannya dengan pola hidup yang dijalani. Penyembuhan sempurna dari wasir adalah dengan melakukan terapi operatif dan perubahan gaya hidup.

Pengobatan hemorrhoid tergantung pada tipe dan derajat hemorrhoid itu sendiri. Mulai dari perubahan gaya hidup dengan melakukan pencegahan agar gejala tidak memberat sampai dengan tindakan. Beberapa pengobatan tradisional yang Anda sebutkan, sampai saat ini pengobatan tersebut tidak merupakan terapi utama yang disarankan dalam dunia medis.

Beberapa pencegahan hemorrhoid yang dapat Anda lakukan:

Minum banyak air, makan makanan yang mengandung banyak serat (buah, sayuran, sereal, suplemen serat, dll) sekitar 20-25 gram sehari

Olahraga

Mengurangi mengedan

Menghindari penggunaan laksatif (perangsang buang air besar)

Membatasi mengedan sewaktu buang air besar.

Penggunaan celana dalam yang ketat dapat mencetuskan terjadinya wasir dan dapat mengiritasi wasir yang sudah ada.

Penggunaan jamban jongkok juga sebaiknya dihindari.


Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar