Sukses

Gigi Bolong DItambal Atau Dicabut?

24 Feb 2017, 00:06 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, saya mau tanya. Gigi geraham saya bolong. Sy udh ke puskesmas. Tp katanya udh harus dicabut. Gigi sy ini blm pernah tanggal dr kecil. Kata dokter gigi yg dulu, jgn dicabut ditambal aja. Knp kok beda pendapat mengenai gigi sy y? Minta penjelasannya. Thx

Halo Eka,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter KlikDokter.

Kami memahami keadaan yang anda alami. Sebelumnya kami ingin memberi sedikit penjelasan kepada anda. Idealnya kita harus mempertahankan gigi selama mungkin di dalam mulut. Gigi yang bolong besarpun tidak perlu buru-buru dicabut karena masih bisa dipertahankan dengan melakukan serangkaian perawatan. Sebelum melakukan penambalan pada gigi yang bolong, tentunya dokter gigi akan memastikan apakah gigi tersebut masih bisa ditambal atau tidak. Semakin lama gigi bolong dibiarkan, maka perjalanan karies gigi akan terus berjalan sehingga menembus lapisan dentin pada tahap ini gigi masih dapat ditambal. Jika pada tahap ini karies gigi dibiarkan maka akan masuk ke dalam ruang pulpa yang berisi saraf gigi. Jika gigi bolong sudah menembus ke dalam ruang pulpa, maka rasa sakit akan semakin hebat, atau seperti yang sering dikatakan sakit spontan, cekot-cekot, mengganggu tidur malam. Pada tahap ini gigi sudah tidak bisa ditambal lagi, sehingga harus dilakukan perawatan saluran akar untuk bisa mempertahankan gigi tersebut. Bila karies gigi yang sudah mencapai ruang pulpa ini dibiarkan maka gigi lama kelamaan akan keropos dan mati. Pada tahap ini gigi sudah tidak dapat dipertahankan sehingga harus dicabut.

Dalam kasus gigi anda, bisa jadi pada saat periksa gigi di dokter gigi yang dulu, memang gigi masih dapat ditambal, namun karena tidak juga dilakukan penambalan sampai sekarang maka kerusakan sudah semakin parah sehingga gigi sudah harus dicabut. Atau mungkin juga di puskesmas tidak bisa melakukan perawatan saraf gigi untuk mempertahankan gigi tersebut, sehingga pilihannya adalah pencabutan. Oleh karena itu Sebaiknya anda mencari second opinion /pendapat ke dokter gigi lain agar anda menjadi yakin akan rencana perawatan anda.

Untuk mendapatkan penjelasan lebih detail silakan baca artikel terkait:

- Gigi Berlubang: Cabut atau Rawat?

Semoga jawaban kami dapat membantu anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar