Sukses

Haid Tidak Teratur dan Ingin Punya Anak

23 Feb 2017, 20:23 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok,,saya sudah 5thn menikah tapi blom dikarunia momongan,, tapi ada kendala setiap kali saya menstruasi slalu telat 1-2bln tapi saya test hasil Masi negatif. Itu knpa yaa dokter???

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.

Halo, Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bila siklus haid tidak teratur, maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui penyebab dari siklus haid Anda yang tidak teratur.

Telat haid tidak melulu sebagai indikasi utama kehamilan. Bisa jadi merupakan tanda-tanda dari beberapa kondisi tubuh Anda. Berikut beberapa di antaranya.

  • Penurunan berat badan atau olahraga yang berlebihan
  • Stres
  • Gangguan tiroid
  • Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)
  • Penyakit kronis
  • Penggunaan kontrasepsi
  • Gangguan organ kandungan

Untuk memastikannya, sebaiknya Anda memeriksakan kondisi Anda langsung ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Definisi infertilitas adalah penyakit sistem reproduksi yang ditetapkan dengan adanya kegagalan mencapai kehamilan setelah 12 bulan atau lebih melakukan hubungan seksual secara teratur tanpa menggunakan alat kontrasepsi. Penyebab infertilitas dapat disebabkan oleh laki-laki maupun wanita. Penyebab infertilitas pada laki-laki secara garis besar dapat dibedakan menjadi 2, yaitu :

  • Kondisi dimana jumlah, bentuk, dan pergerakan sperma menjadi buruk (varikokel, paparan toksin dan bahan kimia, paparan radiasi)
  • Kondisi dimana sperma tidak dapat dikeluarkan (ejakulasi dini, sumbatan saluran semen)
  • Penyebab infertilitas pada wanita dapat disebabkan oleh :
  • Kelainan ovulasi (produksi sel telur)
  • Kelainan rahim (kanker, endometriosis, mioma, perlekatan rahim ke organ dalam perut)
  • Sumbatan saluran telur

Infertilitas memang bukan masalah yang mudah diselesaikan. Untuk menemukan penyebab infertilitas diperlukan beberapa pemeriksaan penunjang. Diperlukan ketekunan, kesungguhan, dan kesabaran dari pasien dan dokter untuk menangani hal ini. Untuk menentukan penyebab infertilitas pria dapat dilakukan dengan pemeriksaan analisa sperma. Sedangkan untuk menentukan penyebab infertilitas wanita dapat dilakukan antara lain dengan USG, HSG (Histerosalpingografi) untuk menentukan ada tidaknya sumbatan saluran telur, analisa hormon, dan laparoskopi (teknik melihat ke dalam perut tanpa tindakan pembedahan besar).

Yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga.

Selain itu, perlu juga diperhatikan:

- Hentikan segala bentuk kegiatan yang kurang baik seperti merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol.
- Sebisa mungkin hindari konsumsi obat-obatan, terutama yang dijual bebas.
- Ketahui masa subur Anda, dan lakukan hubungan intim sebanyak 2-3x/minggu dengan posisi misionaris (pria di atas).

Menurut the Center for Disease Control (CDC), perempuan yang merencanakan kehamilan dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.

Apabila setelah satu tahun melakukan hubungan intim secara teratur (2-3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi kehamilan belum juga terjadi, perlu dicari penyebab yang mendasari baik dari pihak Anda maupun pihak suami. 

Untuk suami, dapat dilakukan pemeriksaan analisa sperma baik secara kualitas maupun kuantitas. Apabila ditemukan adanya kelainan agar dapat segera ditatalaksana sesuai penyebabnya. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda dan suami segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk tatalaksana yang lebih optimal.

Demikian Informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar