Sukses

Mual Setelah Minum Susu dan Makanan Sumber Kalsium

23 Feb 2017, 19:36 WIB
Wanita, 23 tahun.

Hi dokter, Saya sering merasa mual bila beberapa saat setelah minum susu. Sedangkan saya merasa sangat membutuhkan kalsium yang cukup, saya ingin tanya penyebab mual itu darimana? dan kalsium yang baik selain susu dari mana lagi ya? Makasih dokter

Terima kasih  telah menggunakan layanan e-konsultaasi Tanya Dokter Klikdokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Apakah Anda selalu mual setiap minum susu, atau ada waktu lain dimana Anda juga merasakan keluhan yang sama?

Penyebab mual banyak, diantaranya bisa gangguan dari lambung, gangguan pencernaan lain bahkan penyakit lain yang memerlukan penanganan lebih lanjut.

'Enek' atau mual meruapakan sensai tidak nyaman pada perut bagian atas sehingga menimbulkan rasa ingin muntah. Jika  anda terus-menerus mual setiap selesai minum susu, maka perlu dipikirkan adanya penyebab intoleransi laktosa. Penyebabnya adalah produksi laktase dalam tubuh Anda yang kurang. Pada kebanyakan mamalia, produksi laktase berangsur-angsur memang menurun seiring pertambahan usia. Dan hal itu juga terjadi pada manusia. kondisi ini lebih sering dialami anak-anak, namun tak menutup kemungkinan terjadi pada dewasa.

 

Untuk memastikan kondisi ini Dibutuhkan lebih banyak informasi dari wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan penunjang untuk menyakinnya. Untuk itu,kami sarankan Anda mengunjungi dokter mengenai keluhan Anda tersebut.

Memang sumber kalsium paling besar dapat ditemukan di susu dan produk susu seperti keju yogurt, namun ternyata ada beberapa jenis makanan yang tinggi akan kandungan kalsium, seperti Brokoli, kale, edamame, tahu, ikan sardin, dan kacang almond.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

salam

0 Komentar

Belum ada komentar