Sukses

Jerawat Bertambah Banyak Setelah Memakai Obat Jerawat

23 Feb 2017, 16:46 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok, begini kan saya sekrang memakai produk serangkaian skin care khusus acne. Sudah sekitar satu bulan lebih beberapa hari saya memakai produk itu. Setelah memakai selang bebrpa hari wajahku jerawatan di pipi kanan kiri banyak. Awalnya aku berpikir kalau itu purging karena memang lotion malam ada kandungan salycid acid. Tapi kenapa sekarang jerawat bruntusannya enggak berkurang malah bertambah banyak. Sekarang tambah di jidat.Temen2 bilang kalo itu seperti alergi/gk cocok. Menurut dokter, saya harus stop apa lanjut ya?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Keluhan Anda adalah jerawat bertambah banyak setelah memakai obat jerawat.  

Untuk mengatasi jerawat, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa penyebab dari munculnya jerawat. Ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan penyakit ini:

Stres
Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
Kelenjar minyak yang terlalu aktif
Keturunan dari orangtua
Bakteri di pori-pori kulit
Pengobatan jerawat juga perlu memperhatikan faktor-faktor di atas. Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor di atas tidak dapat dikontrol dengan baik. Kondisi kulit berminyak merupakan jenis kulit yang sangat berisiko untuk mengalami jerawat. Selain pengobatannya memang membutuhkan kesabaran, juga memerlukan pengendalian dari pola makan, kebiasaan membersihkan wajah, pengendalian stres dan sebagainya.

Pengobatan jerawat secara umum dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Obat yang dapat digunakan adalah retinoic acid, benzoil peroksida, dan antibiotik topikal/oles. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum tergantung derajat keparahan jerawat. 

Jika Anda merasa jerawat di semakin banyak setelah memakai obat jerawat tersebut kami sarankan Anda konsultasi kembali dengan dokter yang merawat Anda, disini kami tidak dapat menentukan apakah jerawat Anda breakout atau purging saja sebelum jerawat menjadi bersih hilang di wajah Anda. Perlu diperiksa secara langsung kelainan kulit yang terjadi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

 

0 Komentar

Belum ada komentar