Sukses

Letak Vagina atau Uterus

23 Feb 2017, 09:56 WIB
Wanita, 16 tahun.

Dok, katanya saya itu posisi vaginanya menjorok ke belakang. Apa itu bakalan ngeganggu kalo nanti saya hamil atau punya anak gitu? Terus cara biar normal gimana ya?

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

Mohon maaf kami kurang memahami maksud Anda dengan posisi vagina yang menjorok ke belakang. Apakah hal ini disampaikan oleh dokter / dokter spesialis? Jika yang Anda maksud adalah posisi/letak uterus, berikut sedikit penjelasannya.

Dalam keadaan normal, rahim berada dalam posisi antefleksi dan anteversi. Posisi antefleksi adalah posisi fundus (bagian paling atas dari rahim) condong ke arah depan. Sedangkan anteversi berarti rahim sedikit naik terdorong ke depan. Disamping itu, 20-30% wanita memiliki rahim dengan posisi ke belakang yang dikenal dengan posisi rahim retrofleksi. 

Berbagai posisi uterus tersebut baik anteversi maupun retrofleksi merupakan suatu variasi normal pada anatomi sistem reproduksi wanita. Memang pada umumnya wanita selalu merasa khawatir akan pengaruh posisi rahimnya terhadap kesuburannya, namun pada kenyataannya posisi rahim tidak berpengaruh terhadap kesuburan seorang wanita dan kemampuannya untuk hamil.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar